Sandiaga Dorong UMKM Transformasi Digital

Indonesia Naik 12 Peringkat dalam Indeks Pariwisata Global, Terbaik
May 31, 2022
Bali akan Jadi Lokasi Pilot Project Carbon Offset Pariwisata
May 31, 2022

Medcom.id/ Arga Sumantri /31 Mei 2022,15:01 WIB

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) segera melakukan transformasi digital. Meskipun, banyak para pelaku UMKM masih menghadapi tantangan ekonomi imbas pandemi covid-19.

Ia mengungkapkan sektor UMKM salah satu yang berperan sebagai pembangkit perekonomian di Indonesia. Dorongan kepada UMKM untuk terus maju selalu digiatkan, salah satunya dengan digitalisasi.

“Pada 2023 pemerintah telah menargetkan 30 juta UMKM masuk ke pasar digital atau e-commerce,” ujar Sandiaga melalui keterangan tertulis, Selasa, 31 Mei 2022.

Ia mengatakan berbagai kolaborasi bersama pemerintah daerah hingga swasta terus diupayakan. Digitalisasi diharapkan membuat para UMKM berdaya saing, menggenjot perekonomian, dan menembus pasar global. Ia juga mendorong pelaku usaha OKE OCE melakukan transformasi atau go digital.

“Saat ini baru belasan juta UMKM yang terdigitalisasi. Inilah saatnya kita mengambil peran untuk membantu peralihan UMKM menuju era digital,” ungkap dia.

Founder OK OCE Indra Uno menyampaikan komunikasi antarpelaku UMKM amat penting. Melalui interaksi, para pelaku UMKM akan menemukan ide, sehingga menghasilkan kolaborasi dengan inovasi yang telah ada sebelumnya.

“Kolaborasi tersebut kemudian tercipta sebuah transaksi. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus maka akan semakin meningkatkan transaksi yang mereka dapatkan. Maka, bagi para pelaku UMKM berbagi informasi adalah hal yang penting untuk terus dilakukan,” kata Indra.

Ia mengajak para pelaku UMKM terus berjuang menumbuhkan usaha komunitas dan perorangan serta lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia. Sebagai penggerak komunitas, platform, dan fasilitator, OK OCE ingin bisa membuat UMKM naik kelas.

Artikel asli : https://www.medcom.id/nasional/politik/dN6XLLPk-sandiaga-dorong-umkm-transformasi-digital

logo