Ratusan UMKM dan Pegiat Mode Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Fokus Gaet FIT Australia, Kemenparekraf Gelar Indonesia Sellers Meeting
July 29, 2020
Siaran Pers : UMKM Kreatif Didorong Manfaatkan Teknologi untuk Perluas Pasar 
July 29, 2020

Sindonews.com/Diana Rafikasari/Diterbitkan 29 Juli 2020, pukul 11.25 WIB

JAKARTA – Setiap sektor dan industri merasakan efek domino yang terjadi karena pandemi COVID-19, salah satunya industri mode. Sinergi semua pihak sangat dibutuhkan guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Sebagai bentuk dukungan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM), pemerintah meresmikan gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia”.

Sejalan dengan gerakan nasional ini, kementerian BUMN melalui Bank BRI selaku lembaga perbankan milik negara mempersembahkan program “Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020”, sebuah perhelatan mode virtual terbesar pertama di Indonesia dan berkolaborasi dengan lebih dari 300 UMKM serta pegiat industri mode.

NUFF 2020 diselenggarakan pada 1-31 Agustus 2020 dengan menghadirkan 75 karya perancang, label, dan UMKM mode dalam Virtual Fashion Show, lebih dari 50 pembicara dalam Fashion Talks, dan produk kolaborasi spesial desainer hingga brand lokal yang bakal dihadirkan dalam Charity Auction.

“BRI mendukung penuh kegiatan ini. Salah satu tujuannya adalah membantu UMKM berjuang di tengah pandemi COVID-19. Keterlibatan UMKM dalam kegiatan ini dengan harapan dapat menjadi sarana promosi, sekaligus membantu penjualan produk lokal buatan Indonesia,” ungkap Direktur Konsumer Bank BRI Handayani dalam jumpa pers, Selasa (28/7).

Handayani menambahkan, salah satu sektor industri padat karya dengan ekosistem luas yang terkena dampak pandemi adalah mode. UMKM mode saat ini telah bertransformasi dan sangat beragam, mulai pengrajin kain tradisional hingga label lokal modern.

“Kondisi saat ini menuntut adanya inovasi-inovasi untuk membantu industri mode terus bertahan,” ujar Handayani.

Menggandeng lebih dari 300 kolaborator dan mengusung konsep virtual, festival ini menghadirkan pengalaman mode yang dikemas secara digital bagi pecinta mode. Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik untuk pengalaman menyaksikan kreasi mode yang tak terlupakan.

Selama penyelenggaraan, acara NUFF 2020 juga berbagi edukasi dan berdiskusi terkait industri mode bersama tokoh-tokoh ternama.

Gelaran NUFF 2020 bertujuan memperlihatkan talenta dan karya pegiat mode serta kualitas produk UMKM Indonesia. Selain itu juga sebagai bukti bahwa ekosistem digital dapat menjadi media untuk berkolaborasi dan mempresentasikan karya mode.

CEO Samara Media & Entertainment Ben Soebiakto mengatakan, NUFF 2020 sebagai festival mode virtual terbesar pertama Indonesia bakal mempersembahkan inovasi digital terbaru.

“Kami menghadirkan konsep ekosistem online yang terintegrasi, mulai live streaming sampai e-commerce, yang dapat dimanfaatkan sebagai platform bagi UMKM serta pelaku industri mode untuk bertemu, berkolaborasi, dan bertumbuh,” kata Ben.

Direktur SMESCO Indonesia (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM) Leonard Theosabrata menambahkan, industri mode memiliki rantai ekosistem yang sangat luas. Menghadapi masa pandemi saat ini, UMKM dihadapkan pada tekanan yang besar. Hadirnya NUFF 2020 dapat menjadi angin segar bagi pelaku UMKM yang saat ini membutuhkan dukungan untuk memperlihatkan eksistensi diri sekaligus mempresentasikan karyanya.

“Untuk mendorong kebangkitan ekonomi dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah, namun juga masyarakat berkontribusi dalam gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia” dengan menggunakan produk dalam negeri,” kata Leonard.

Mengusung konsep virtual fashion show yang bekerja sama dengan Jay Subiyakto (creative director) dan Anton Wirjono (music director), festival ini menghadirkan pengalaman panggung mode digital yang interaktif. Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik.

Virtual Fashion Show dan Virtual Gala Show pada 16 dan 17 Agustus 2020 akan mempresentasikan karya 75 desainer dan label mode dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia ke-75. NUFF 2020 juga akan menggelar Charity Auction sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku industri mode yang terkena dampak dari pandemi. Program ini akan melelang produk mode hasil kolaborasi spesial antara seniman dan label lokal. Hasil lelang akan diberikan bagi sektor industri mode Indonesia yang membutuhkan.

Artikel Asli: https://lifestyle.sindonews.com/read/116678/186/ratusan-umkm-dan-pegiat-mode-dukung-gerakan-nasional-bangga-buatan-indonesia-1595995658

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami