Ratusan Hairstylist dan Pengusaha Salon Berkumpul di Candi Prambanan

Menparekraf Sandiaga Uno Ingin Lebih Banyak Film Indonesia Kisahkan Pariwisata
September 7, 2022
Tantangan Profesi Bidang Pariwisata Makin Kompleks, SV IPB Siapkan SDM Beretika
September 7, 2022

Inews.id/ Erfan Erlin / 07 September 2022 , 08:07 WIB

SLEMAN, iNews.id – Ratusan hairstylist dan pengusaha salon kecantikan dari seluruh Indonesia berkumpul di Candi Prambanan. Mereka menghadiri Sinergia Live Convention (SILCON) akan diadakan pada 5-8 September 2022 di Yogyakarta.

Ketua Kadin DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi menuturkan, tren event fashion mulai dari skala lokal hingga nasional yang kembali bermunculan belakangan waktu terakhir di berbagai sudut Yogyakarta dipandang kian mempercepat pemulihan sektor pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Industri fashion sangat luas cakupannya dan memiliki banyak turunan alias tak sekedar bicara tentang busana,” ujar dia Selasa (6/9/2022).

Sebenarnya berbagai aspek fashion seperti rambut, kosmetik, dan atribut terkait penampilan seseorang lainnya bisa dikreasi atau dikemas dalam suatu event untuk dipertunjukkan kepada khalayak. Sehingga mampu menjadi magnet mendatangkan wisatawan.

Puteri Sulung Sri Sultan HB X ini menuturkan selama pandemi kemarin event-event untuk penyaluran kreativitas dan inovasi dari sektor fashion itu sangat dibatasi. Oleh karenanya usai pandemi mereda, event event fashion ini kembali bermunculan. “Event yang dipusatkan di Candi Prambanan dan diikuti para pelaku usaha salon se Indonesia itu. Sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan,” ujarnya.

GKR Mangkubumi menuturkan bagi Yogyakarta, gelaran fashion erat kaitannya dengan pariwisata. Banyaknya destinasi menarik bisa menjadi ruang-ruang yang representatif untuk eksplorasi dunia fashion lebih luas sekaligus mempromosikan destinasi itu sendiri.

“Fashion bagian penting penggerak wisata, baik saat pandemi atau tidak, orang selalu terikat dengan fashion, saat pandemi orang tetap butuh menata rambut, menata busana,” ujar Mangkubumi.

Dengan gelaran fashion, bisa menggerakkan orang dari satu daerah ke daerah lain demi mencari referensi dan pengalaman baru secara langsung. Sehingga pariwisata Yogya digerakkan banyak sektor, termasuk fashion.

Acara ini dihadiri oleh tiga International guest artists dari tiga negara berbeda, yang merupakan ahli di industri kecantikan rambut untuk berbagi inspirasi tren dan pengetahuan baru.

Seperti, Jean Pierre Strangis seorang Global Hair Artist dari Switzerland, Shinichi Takahashi perancang HIKARI Scissors dari Jepang yang juga sangat mumpuni di bidang haircutting, dan Fransesco Vitulli CEO Kaaral dari Italia.

Sementara itu CEO PT Sinergia Beaute Indonesia, Shierly Nangoy mengatakan setelah sempat absen selama empat tahun akibat pandemi, kini gelaran hairshow terakbar yang dikenal dengan Ilvasto Live Convention kembali hadir kembali. Kali ini mereka sengaja menggelar di Candi Prambanan.

“Candi Prambanan dan candi lain di sekitarnya adalah kebanggaan karya seni dari masa lalu yang sungguh menggetarkan dunia. Bayangkan di masa awal masehi, nenek moyang kita telah mampu mendirikan bangunan seindah dan semegah ini,”ujar dia,

Berangkat Candi Prambanan ini, mereka memadukan kreasi masa lalu dan masa kini. Acara ini sengaja digelar di Candi Prambanan sekaligus mengingatkan kembali pada dunia, bahwa bangsa Indonesia telah berjaya dari masa lalu.

“Tentu ini memberikan semangat bagi pegiat seni hairdressing yang hadir dari berbagai penjuru nusantara, bahwa kita bisa dari dulu, bukan baru sekarang. Kami di sini juga bertukar pikiran dan belajar tren terbaru yang bakal ada di tahun mendatang,”kata dia.

Editor : Ainun Najib

Artikel asli : https://yogya.inews.id/berita/ratusan-hairstylist-dan-pengusaha-salon-berkumpul-di-candi-prambanan/all

logo