Program Padat Karya Sektor Parerkaf Siap Sebelum Lebaran

Bobocabin, Alternatif Penginapan Baru untuk Kamping Bareng Keluarga
February 16, 2021
Pelaku Industri Parekraf Diusulkan Masuk dalam Program Prakerja
February 16, 2021

Medcom.Id /Eko Nordiansyah / 16 Februari 2021, 17:21   WIB

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ingin pemulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dipercepat. Salah satunya menindaklanjuti program padat karya yang mampu menciptakan lapangan kerja baru.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga usai mengikuti rapat kordinasi bersama Kementerian Kordinator Bidang maritim dan Investasi (Kemenkomarves). Sandi mengungkapkan program Padat Karya bertujuan untuk menghadirkan solusi atas permasalahan yang dirasakan masyarakat imbas pandemi covid-19.

“Kami melakukan rapat kordinasi di bawah Kementerian Kordinator Bidang Maritim dan Investasi, kami membahas program padat karya. Bagaimana kita bisa memastikan bahwa sebelum Lebaran, program-program yang bisa menyerap lapangan pekerjaan,” kata Sandiaga, Selasa, 16 Februari 2021.

Dalam program ini, pihaknya akan berfokus pada kegiatan bernilai ekonomi. Terkhusus menyasar kepada kelompok masyarakat yang kehilangan pekerjaan imbas pandemi covid-19.

“Istilahnya cash flow work, yaitu kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan penghasilan kepada masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah yang sekarang kehilangan pekerjaan itu bisa dilakukan,” ungkapnya.

Salah satu inisiatif yang disampaikan Sandiaga adalah Program Padat Karya melalui Program Bersih Indah Sehat Aman yang disingkat Program Bisa. Program Bisa ini diharapkannya mampu mencetak beberapa lapangan pekerjaan di sejumlah provinsi terpadat.

“Ini berkaitan dengan kegiatan untuk mulai dari membersihkan, merawat, memastikan keindahan dan juga memastikan daripada aspek kesehatan CHSE dan aspek keamanan daripada destinasi-destinasi wisata. Kita melihat bahwa di Program Bisa ini kita bisa menyentuh antara 4.000-6.000 lapangan pekerjaan sampai sebelum lebaran,” jelas dia.

Bersamaan dengan Program Bisa, Sandiaga juga mendorong Program Padat Karya yang sesuai dengan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya di destinasi wisata Bali. Fokus PEN di Pulau Dewata itu, kata Sandiaga, merujuk sektor parekraf Bali yang diketahui mencakup hingga 150 ribu lapangan pekerjaan.

“Jadi ini yang kami akan fokuskan, bagaimana 150 ribu ini yang mencakup revitalisasi jogging dan walking track di Pantai Sanur, pengelolaan sampah di Kabupaten Klungkung, pembenahan lebih dari 177 desa wisata juga mendorong pengelolaan sampah di Klungkung,” pungkasnya.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/MkMdrPDb-program-padat-karya-sektor-parerkaf-siap-sebelum-lebaran?utm_source=desktop&utm_medium=terbaru&utm_campaign=WP

logo
Hubungi Kami