Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I

Bali Bakal Batasi Kunjungan Wisman saat Libur Nataru
November 16, 2021
Pelaku Parekraf Mau Dapat Rp2 Juta? Ini Caranya
November 16, 2021

Pikiran-rakyat.com/Amir Faisol/Diterbitkan 16 November 2021 pukul 10.19 WIB

PIKIRAN RAKYAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat di Stadion Uwes Qorny, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa, 16 November 2021.

Kehadiran Jokowi di Lebak untuk meresmikan Tol SerangPanimbang Seksi I sepanjang 26,5 kilometer. Setelah mendarat di Stadion Uwes Qorny, Jokowi bergerak menuju Gerbang Tol Rangkasbitung, tempat diresmikannya Jalan Tol SerangPanimbang Seksi I.

Berdasarkan pantauan Pikiran-Rakyat.com, Presiden Jokowi tiba di Gerbang Tol Rangkasbitung didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno sekira pukul 9.17 WIB.

Ia disambut langsung oleh Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Menteri Perhubungan Budi Karya, Ketua Komisi V DPR Lasarus, dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan kalau infrastruktur adalah fondasi untuk daya saing dengan negara lain.

“Kalau infrastruktur siap artinya barang-barang kita juga terdistribusi lebih baik dan murah. Artinya infrastruktur memperbaiki jaringan logistik juga menciptakan titik pertumbuhan ekonomi baru,” ucapnya.

Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kementeriannya melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mempercepat pembangunan Jalan Tol SerangPanimbang yang membentang sepanjang 83,67 kilometer.

Dikatakannya, dengan dibangunnya jalan tol yang melintasi wilayah Kota & Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang diharapkan dapat memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri dan kawasan pariwisata di Provinsi Banten.

Tidak hanya itu, keberadaan jalan tol ini diharapkan bisa meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” katanya.

Basuki Hadimuljono menjelaskan, Tol SerangPanimbang terdiri dari tiga seksi yakni Seksi 1 sepanjang 26,5 km yang menghubungkan Serang – Rangkasbitung; Seksi 2 sepanjang 24,17 km, menghubungkan Rangkasbitung – Cileles; dan Seksi 3 sepanjang 33 km menghubungkan Cileles – Panimbang.

Pembangunan seksi 1 Serang-Rangkasbitung saat ini sudah mencapai 100 persen dan diresmikan langsung oleh Jokowi.

Untuk seksi 2 dan 3, saat ini masih dalam tahap pembebasan lahan dengan progres Seksi 2 mencapai 75 persen dan Seksi 3 sebesar 64,21 persen.

Konstruksi untuk seksi 2 dan 3 ditargetkan selesai pada akhir 2023. Sehingga di awal 2024 diharapkan dapat beroperasi secara penuh.

Pembangunan Tol Serang – Panimbang dikerjakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengam total nilai investasi sebesar Rp8.58 triliun.

Untuk Seksi 1-2 menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT. Wijaya Karya Serang Panimbang dan Seksi 3 porsi pemerintah.

Kehadiran Tol SerangPanimbang diharapkan akan mendukung pengembangan ekonomi Wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan dengan Banten Utara yang secara geografis berdekatan dengan DKI Jakarta.

Hadi menegaskan, keberadaan Tol SerangPanimbang akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan seperti dari Jakarta menuju obyek wisata Tanjung Lesung yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh hingga 5 jam menjadi sekitar 2 – 3 jam dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam.***

Artikel Asli: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-013025878/presiden-jokowi-resmikan-jalan-tol-serang-panimbang-seksi-i

logo