Prediksi tren wisata 2021, “staycation” hingga “roadtrip”

MGN Summit 2021: Pemerintah Prioritaskan Kualitas Wisatawan
January 26, 2021
Siaran Pers : Menparekraf Dorong Desa Wisata Indonesia Terapkan Standar Layanan Internasional
January 26, 2021

Antaranews.com /Ida Nurcahyani / 26 Januari 2021, 18:28 WIB

 

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Selain itu, perjalanan menggunakan kendaraan sendiri, roadtrip, juga akan menjadi pilihan masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata.

Tersedianya vaksin COVID-19 di Indonesia, diprediksi jadi pendorong kepopuleran destinasi luar kota tahun ini.

Berdasarkan data Traveloka, aktivitas traveling berupa staycation menjadi pilihan 38 persen pengguna, 34 persen memilih untuk menikmati wisata kuliner dan 25 persen lain ingin mengalami naik pesawat domestik.

“Sebagai perusahaan teknologi, kami selalu menempatkan inovasi produk dan fitur sebagai prioritas utama untuk mendorong keamanan, kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam memanfaatkan layanan kami,” kata Albert, Co-Founder Traveloka dalam konferensi pers Inovasi Berbasis Teknologi dan Prediksi Tren Perjalanan Traveloka 2021 hari ini.

Meski di tengah pandemi, Traveloka mencatat minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata terhitung masih tinggi.

Berdasarkan survei internal terhadap pengguna Traveloka antara 28 Mei dan 16 Agustus 2020, 67 persen responden memilih liburan sebagai aktivitas yang paling ingin dilakukan setelah pandemi berakhir. Sementara itu, sepanjang tahun lalu 26 persen pengguna Traveloka menyatakan telah berlibur dan 72 persen dari mereka pergi keluar kota domisili dengan roadtrip.

Destinasi terpopuler selama 2020 untuk staycation maupun roadtrip adalah Jakarta, Bandung dan Surabaya, disusul oleh Malang, Yogyakarta, Solo, Semarang dan Bali.

Hampir separuh dari para pengguna berencana untuk melakukan perjalanan menggunakan transportasi pesawat.

“Oleh karena itu, Traveloka memprediksi bahwa penerbangan akan kembali meningkat sebagai transportasi utama dalam bepergian. Selain itu, staycation dan roadtrip akan tetap menjadi favorit pengguna di 2021. Sudah mulai tersedianya vaksin COVID-19 di Indonesia juga diprediksi akan mendorong kepopuleran destinasi luar kota di tahun ini,” kata Albert.

Editor: Alviansyah Pasaribu

Artikel Asli : https://www.antaranews.com/berita/1968864/prediksi-tren-wisata-2021-staycation-hingga-roadtrip

logo