Pengusaha Hotel dan Restoran Antusias Sambut Vaksinasi
February 19, 2021
Okupansi Hotel di Jogja Mulai Mengarah Positif, Naik 109 Persen
February 19, 2021

cnnindonesia.com CNN Indonesia /19 Februari 2021, 17:45 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Maulana Yusran mengatakan langkah pemerintah dalam memprioritaskan pelaku usaha sektor pariwisata pada vaksinasi tahap dua ini sudah sangat tepat.

Hal ini demi membangun kembali rasa aman bagi masyarakat untuk kembali berpariwisata.

“Hotel dan restoran adalah sektor yang membutuhkan kepercayaan atau trust dari konsumen. Sejak awal pandemi, kami sudah menyusun SOP protokol kesehatan hotel dan restoran sesuai standar Kementerian Kesehatan dan WHO,” ujar Maulana dalam Dialog Produktif Kabar Jumat bertema ‘Transaksi Jalan, Prokes Tetap Diutamakan’ yang diselenggarakan KPC PEN, Jumat (19/2).

Maulana menyebut, pihaknya terus meyakinkan konsumen bahwa mereka sudah melakukan upaya pencegahan virus Covid-19 dengan menampilkan protokol kesehatan serta CHSE (cleanliness, health, safety, dan environment sustainability.

“Kami sudah atur secara detail. Mulai dari penyajian makanan di restoran, pola housekeeping setelah pergantian tamu, termasuk di wilayah publik dipastikan ada penanda jaga jarak.

“Kemudian petugas selalu memakai masker dan face shield. Bahkan waktu untuk mensterilkan area dan barang-barang yang masuk baik dari tamu, vendor, hingga karyawan,” papar Maulana.

Selain itu, pihaknya juga melakukan monitoring dan evaluasi rutin setiap dua bulan guna mempertahankan pelayanan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan.

“Di setiap wilayah kami rutin melakukan evaluasi. PHRI daerah juga berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona,” ujarnya.

Tetap 3M Meski Vaksinasi

Dokter dan Tim Penanganan COVID-19 dr. Falla Adinda mengatakan selain upaya dari pihak hotel dan restoran, masyarakat sendiri juga harus tetap menjaga protokol kesehatan.

“Yang paling penting adalah bagaimana kita menjaga diri kita dan orang lain. Jadi meski restoran sudah menerapkan kebijakan protokol kesehatan, tapi pengunjung di dalamnya tidak peduli, itu sama saja,” ujar Falla dalam kesempatan yang sama.

Menurutnya, pandemi mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab bagi sesama dan bermartabat, salah satunya dengan vaksinasi.

Dengan vaksinasi, kita membantu negara untuk memulihkan keadaan yang sedang terpuruk.

“Untuk mencapai kembali kondisi negara sesuai khittahnya, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan,” ujarnya.

Artikel Asli : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210219173546-97-608539/phri-pastikan-sektor-pariwisata-disiplin-prokes

logo
Hubungi Kami