PHRI Bangka Belitung Kawal Dana Insentif dair Kemenparekraf

Promotor Musik Mulai Ancang Ancang Gelar Konser Tahun Depan
November 18, 2020
Menjaga Asa dari Pariwisata Bali yang Sempat Mati Suri
November 18, 2020

Kumparan.com / Konten ini diproduksi oleh Babel Hits /18 November 2020, 14:01 WIB

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana akan memberikan bantuan dana insentif bagi industri pariwisata hotel dan restoran. Wacana tersebut disambut baik Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bangka Belitung.

PHRI Provinsi Bangka Belitung bahkan akan mengawal bantuan dana insentif bagi industri pariwisata hotel dan restoran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sekretaris PHRI Bangka Belitung, Wendo Irwanto, mengungkapkan pihaknya telah menyampaikan data hotel dan restoran kepada pemerintah setempat, agar mendapatkan bantuan dana insentif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Pasti, kita akan terus memonitor program tersebut. Karena memang saat ini insentif tersebut yang sangat dibutuhkan para pelaku hotel dan resto untuk menjalankan operasionalnya,” ungkap Wendo.

Wendo mengatakan sektor perhotelan dan restoran merupakan salah satu sektor yang paling terdampak akibat wabah COVID-19.

Bahkan untuk tingkat hunian di bulan November, Wendo mengklaim seharusnya sudah bergerak di angka 40 atau 50 persen, namun hingga kini masih diangka 20 persen.

“Untuk tingkat hunian hotel saat ini dibawah 5 persen, bahkan banyak hotel yang 0 persen. Untuk kondisi normal di bulan April sekitar 50-60 persen,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang PHRI catatan sebelumnya, sejak 14 April 2020, sebanyak 42 hotel di Bangka Belitung terpaksa harus tutup sementara akibat pandemi COVID-19. Hal ini disebabkan sepinya pengunjung dan tidak bisa membayar biaya operasional.

“Saat ini datanya tercatat sudah 42 hotel yang tutup sementara. Gak ada tamu, jadi gak bisa bayar operasional hotel yang cukup besar,” ujar Wendo

Ia berharap dengan adanya insentif ini, hotel dan restoran yang saat ini kesulitan dalam menjalankan operasionalnya bisa terbantu.

Artikel Asli : https://kumparan.com/babelhits/phri-bangka-belitung-kawal-dana-insentif-dair-kemenparekraf-1uc2iPzprVs/full

logo