Perpustakaan Mini Warak Kayu di Semarang Masuk Daftar Arsitektur Terbaik Dunia 2021

3 Produk Favorit untuk Obati Kerinduan pada Bali
July 28, 2021
Sektor pariwisata harus adaptif dan fleksibel saat pandemi
July 28, 2021

Liputan6.com.com/Asnida Riani/Diterbitkan 28 Juli 2021 pukul 18.02 WIB

Liputan6.com, Jakarta – World Architecture Festival (WAF) 2021 telah meluncurkan daftar bergengsi dari bangunan baru dan desain lanskap terbaik dari seluruh dunia. Melansir CNN, Rabu (28/7/2021), daftarnya meliputi proyek komersial, perumahan, dan bangunan budaya.

Dengan dibatalkannya WAF Awards tahun lalu karena pandemi global, daftar pendek tahun ini menampilkan proyek arsitektur yang diselesaikan secara global antara 2019 dan 2021. Pemenang akan diputuskan di festival pada Desember mendatang.

Rencananya, lebih dari 100 juri akan berkumpul di Lisbon, Portugal, untuk memutuskan penghargaan kategori individu. Nantinya, mereka akan memahkotai salah satu proyek World Building of the Year.

Masuk dalam daftar tersebut adalah perpustakaan mini Warak Kayu. Dalam keterangan resmi pada Liputan6.com, Agustus 2020, Direktur dan Founder SHAU Indonesia, Daliana Suryawinata, mengatakan bahwa ini merupakan perpustakaan pertama di Semarang yang 100 persen terbuat dari bahan kayu bersertifikat SVLK dan prefabrikasi 98 persen FSC oleh PT Kayu Lapis Indonesia.

Prinsip desainnya tropis, passive energy, dan multi-programmatic. Desain fasad Warak Kayu mengikuti bentuk wajik yang terinspirasi dari sistem konstruksi Zollinger dari Jerman dan menyerupai sisik kulit Warak, hewan mitologi yang populer di antara warga Semarang.

“Konsep fasad berupa screen layering, dilengkapi elemen yang memfilter cahaya matahari langsung agar panasnya tidak masuk, namun interiornya tetap terang walau tanpa lampu di siang hari. Penghawaan silang yang penting untuk mendinginkan interior bangunan tanpa AC. Terdapat juga secondary layer untuk menghalangi hujan masuk,” jelas Daliana.

Sederet Prestasi Warak Kayu

Masih di tahun ini, Perpustakaan Mini Warak Kayu masuk dalam daftar ArchDaily Building of the Year Awards 2021, Februari lalu. Mengutip laman resminya, penghargaan arsitektur ini menampilkan proyek yang dipilih pembaca ArchDaily yang menyaring ribuan proyek.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para pemenang menampilkan spektrum luas dari beragam jenis bangunan, memberi wawasan soal betapa beragamnya profesi ini dalam beberapa dekade terakhir. Warak Kayu disebut berhasil menunjukkan kemampuan mereka membuat perubahan nyata dan positif di tempat yang dibutuhkan.

Sebelumnya, properti ini telah terpilih sebagai Popular Choice Winner pada kategori arsitektur perpustakaan menurut Architizer A+ Awards 2020. Architizer A+ Awards merupakan kompetisi yang memusatkan pada arsitektur dan produk arsitektur terbaik di dunia dan digelar di New York setiap tahunnya. Ajang ini diikuti lebih dari 100 negara dan dinilai lebih dari 400 ribu pemilih.

Artikel Asli: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4617996/perpustakaan-mini-warak-kayu-di-semarang-masuk-daftar-arsitektur-terbaik-dunia-2021

logo
Hubungi Kami