Permudah Tracing, Ada Buku Tamu Digital di Setiap Tempat Makan di Gondomanan Yogya

ASEAN Sepakat Gunakan Website visitseasia.travel sebagai Pusat Informasi Covid-19
June 5, 2020
Wisata alam akan jadi tren di era normal baru
June 5, 2020

Inews.com/Nani Suherni/Diterbitkan 5 Juni 2020, pukul 14.30 WIB

 

YOGYAKARTA, iNews.id – Menghadapi new normal, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kecamatan Gondomanan berinovasi membuat buku tamu digital. Buku ini diletakkan di setiap rumah makan dan kafe, salah satunya berada di pendopo lawas.

Maksud pembuatan buku tamu digital untuk mempermudah tracing bagi pengunjung jika terjadi penularan Covid-19 di wilayah Kota Yogya. Mekanismenya pun secara online dengan memintai barcode.

Camat Gondomanan, Budi Santosa menjelaskan di wilayahnya banyak masyarakat memiliki usaha di bidang kuliner. Mulai dari usaha rumah makan gudeg, hingga angkringan yang tersebar di wilayah Gondomanan.

“Kami membuat semacam buku tamu online dengan menggunakan barcode, pengunjung yang datang ke tempat-tempat kuliner tinggal scan barcode. Setelah itu pengunjung mengisi data diri,” katanya, dikutip website resmi Pemkot Jogja, Jumat (5/6/2020).

Budi menjelaskan, buku tamu tersebut dibuat menggunakan online karena mengantisipasi tersentuhnya benda-benda seperti pulpen dan buku oleh orang banyak. Dengan menggunakan barcode maka tidak ada kontak dengan benda-benda sehingga meminimalisasi penularan.

“Selain itu para penjual juga sudah menyediakan tempat cuci tangan, dan juga masker gratis bagi pengunjung yang tidak menggunakan masker,” katanya.

Untuk menarik minat pengunjung mengisi data diri dengan melakukan scan barcode para pengusaha kuliner memberikan berbagai promo menarik. Ada pengelola kafe yang diberikan promo saat itu juga setelah mengisi barcode.

“Para penjual itu memberikan promo ada yang memberikan gratis es teh ada juga yang memberikan promo berupa undian setiap minggunya,” ucapnya.

Editor : Nani Suherni

 

Artikel Asli: https://yogya.inews.id/berita/permudah-tracing-ada-buku-tamu-digital-di-setiap-tempat-makan-di-gondomanan-yogya

logo