Pengelola Tempat Wisata Diminta Perkuat Prokes

Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (16 Mei 2021)
May 16, 2021
Sertifikasi CHSE, Bagaimana Tahapan Pelaksanaannya?
May 17, 2021

Medcom.id / Selamat Saragih / 17 Mei 2021,03:03 WIB

Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya, meminta pengelola tempat wisata memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) berjalan baik. Pengunjung juga tidak boleh melonggarkan prokes saat berwisata.

“Ini perlu kerja bersama. Semoga ke depannya, baik pengelola tempat wisata maupun masyarakat, tidak longgar dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujar Gumilar di Jakarta, Minggu, 16 Mei 2021.

Gumilar mengatakan pihaknya telah memutuskan menutup sementara tiga tempat wisata. Yakni, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan.

“Penutupan sementara ini dilakukan pada 16-17 Mei 2021 dan diperbolehkan buka kembali pada 18 Mei 2021,” ungkap dia.

Gumilar menjelaskan penutupan sementara diberlakukan guna penguatan prokes. Sebab, ketiga kawasan wisata itu menjadi rujukan warga untuk mengisi waktu libur.

“Berdasarkan hasil evaluasi, adanya peningkatan pengunjung pada tanggal 14-15 Mei 2021. Karena itu, kami meminta pengelola Taman Impian Jaya Ancol, TMII, dan Taman Margasatwa Ragunan untuk menutup sementara kawasan wisata tersebut selama dua hari,” ujar dia.

Pemprov DKI Jakarta, kata Gumilar, akan terus mengawasi penerapan prokes di tempat wisata. Jika melakukan pelanggaran, tentu akan diberikan sanksi mulai dari administrasi hingga penutupan sementara.

“Kami akan evaluasi terus dalam hal pembukaan tempat-tempat pariwisata di Jakarta,” ungkap Gumilar.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/metro/GNlq502b-pengelola-tempat-wisata-diminta-perkuat-prokes

logo