Pemulihan Sektor Ekonomi, Kota Subulussalam Sukses Gelar Pekan Budaya Barsela

Indonesia Target Jadi Pusat Fashion Muslim, Tren Busana Syar’i Berkembang
March 22, 2022
Bandara Lombok Layani 71 Ribu Penumpang Selama MotoGP Mandalika
March 23, 2022

Kumparan.com / Konten Media Partner ACEHKINI/ 23 Maret 2022, 11:16 WIB

Delapan kabupaten/kota di pantai barat selatan (Barsela)  sukses menggelar Pekan  dan Tradisi Barat Selatan (PBTBS). Agenda berlangsung pada 19-22 Maret 2022 di Lapangan Sada Kata, Kota Subulussalam.

Wali Kota Subulussalam, Affan Alfian, selaku tuan rumah mengaku bangga atas dukungan Pemerintah Aceh menjadikan daerahnya sebagai tuan rumah Pekan Budaya dan Tradisi Barsela 2022. Kegiatan ini adalah agenda tahunan, sempat tertunda karena COVID-19.

Dia berharap agenda tersebut mampu memberikan kontribusi bagi pemulihan ekonomi Aceh, khususnya wilayah di barat selatan. “Kegiatan ini sangat banyak manfaatnya. Selain sebagai wadah untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal, kegiatan ini juga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat Subulussalam, sekaligus mendorong potensi wisata yang ada di daerah itu menjadi primadona,” kata Affan, Rabu (23/3).

Menurutnya, kota yang dipimpinnya memiliki adat, budaya, tradisi yang beragam. “Walaupun begitu, kami di sini tetap bersatu meski berbeda,” katanya.

Pekan Budaya dan Tradisi Barsela diikuti oleh Kota Subulussalam (tuan rumah), Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Jaya dan Simeulue.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaludin, mengatakan kegiatan budaya dan tradisi Barat Selatan Aceh ini merupakan rangkaian event yang dilaksanakan Pemerintah Aceh untuk mempercepat pemulihan di sektor ekonomi tingkat daerah.

“Ada empat hal yang menjadi multiple effect bagi pengembangan pariwisata, pertama orang yang berkunjung dan atau berwisata pasti membawa uang digunakan untuk transfortasi, akomodasi, kuliner, dan berbelanja produk ekonomi kreatif,” jelasnya. []Yudiansyah

Artikel asli : https://kumparan.com/acehkini/pemulihan-sektor-ekonomi-kota-subulussalam-sukses-gelar-pekan-budaya-barsela-1xjtRuWAATx/full

logo