Pemkot Bandung aktivasi Kampung Pasir Kunci jadi wisata kaki gunung  

Dinpar: Okupansi hotel di Kota Denpasar capai 54 persen  
October 24, 2022
LPPM Unsrat Bantu Pemasaran Homestay KEK Pariwisata Likupang
October 24, 2022

Antaranews.com/ Bagus Ahmad Rizaldi / 24 Oktober 2022, 16:51 WIB

Bandung (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengaktivasi Kampung Pasir Kunci di Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, sebagai tempat wisata bernuansa pemandangan dari kaki Gunung Manglayang.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci itu menjadi kampung wisata keenam yang hadir di Kota Bandung. Menurutnya sektor wisata terus digenjot karena berperan cukup besar untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saya berharap bukan hanya dibentuk terus diam, kami dorong diaktivasi, potensi seni budaya di wilayah ini luar biasa, tinggal bagaimana kita aktivasi secara tematik disini, dan paling penting konsistensi,” kata Yana di Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin.

Sebelumnya, kata dia, berbagai kampung wisata yang telah diresmikan yakni Kampung Wisata Kreatif Braga, Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Kampung Wisata Kreatif Binong Jati, Kampung Wisata Kreatif Cinambo, dan Kampung Wisata Kreatif Cigondewah.

Di kampung wisata itu, sudah dilakukan sejumlah pembenahan area publik. Sehingga sentral kampung wisata itu yakni merupakan taman yang memiliki lapangan besar serta memiliki semacam fasilitas untuk pertunjukan mini.

Di kawasan tersebut, menurutnya pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut.

Pengunjung bisa menikmati udara sejuk di bawah kaki gunung Manglayang dan menyaksikan pertunjukan dari anak-anak sekitar yang memainkan permainan tradisional.

“Kalau sudah konsisten dan ramai dikunjungi sangat banyak ikutannya, ekonomi akan tumbuh apalagi setelah pandemi. Sektor pariwisata menyumbang cukup besar pada PAD kota Bandung. Jadi harus konsisten,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Arief Syaifudin aktivasi kampung wisata itu merupakan turunan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bandung yang menargetkan ada delapan kampung wisata.

Menurutnya Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci akan difokuskan untuk pengembangan budaya dan pusat permainan anak, salah satunya yakni seni reak yang merupakan kesenian asli Sunda.

“Ini untuk mewujudkan Bandung melalui seni budaya seni kreatif dengan melakukan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai stakeholder,” kata Arief.

Editor: Biqwanto Situmorang

Artikel asli : https://www.antaranews.com/berita/3198881/pemkot-bandung-aktivasi-kampung-pasir-kunci-jadi-wisata-kaki-gunung

logo