Pemerintah Segera Buka Pariwisata, Bagaimana Protokolnya?

Bantu pemulihkan pariwisata, K/L adakan pertemuan di destinasi wisata
September 25, 2020
Dukung Pariwisata, Kominfo Bangun 206 BTS 4G di NTT dan NTB Akhir 2020
September 25, 2020

Medcom.Id / Eko Nordiansyah / 25 September 2020, 15:13 WIB

Jakarta: Pemerintah berencana membuka kembali aktivitas pariwisata di sejumlah wilayah. Hal tersebut sebagai salah satu upaya dalam pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut dibukanya kembali pariwisata Tanah Air dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan di seluruh objek wisata.

“Kita harap Pak Menteri Pariwisata besok akan launch protokol pariwisata. Jadi hotel-hotel yang bisa beroperasi dengan standar covid dan ada semacam sertifikasinya,” katanya dalam videoconferenceusai Rakorpim di Bintan, Jumat, 25 September 2020.

Menurutnya sektor pariwisata harus menjadi prioritas lantaran banyak ekonomi daerah bergantung pada pendapatan pariwisata.

“Salah satunya, optimalisasi belanja pemerintah di sektor pariwisata dengan membuat event seperti Rakorpim hari ini, yang kita lakukan untuk mendorong dimulainya kegiatan wisata dan MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) di lokasi destinasi wisata,” jelas dia.

Airlangga mencontohkan Kepulauan Riau merupakan salah satu kawasan zona hijau dengan risiko penularan covid-19 yang rendah. Angka kesembuhannya mencapai 64,7 persen,confirm fatality ratejuga berada di bawah nasional yaitu tiga persen, dengan jumlah aktif pasiennya 605 orang.

Sayangnya selama masa pandemi covid-19, Kepulauan Riau yang biasanya didatangi tiga juta wisatawan justru kehilangan pendapatannya. Rata-rata tingkat okupansi hotel sebelum pandemi adalah 70 persen di hari biasa, dan mencapai 90 persen saat akhir pekan.

“Kemarin selama sembilan bulan sebagian besar hotel malah tutup, sehingga ini menjadi keprihatinan kita semua. Dan kehadiran menteri pariwisata juga memberikan semangat di Kepulauan Riau karena ini salah satu jendela pariwisata Indonesia,” pungkasnya.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/8KyX1R6k-pemerintah-segera-buka-pariwisata-bagaimana-protokolnya

logo
Hubungi Kami