Pemerintah Pusat Dukung Pemulihan Pariwisata Bali

Bangun Kepercayaan Wisatawan, Bali Berencana Kembangkan Pariwisata Kesehatan
September 7, 2020
Yogyakarta bersiap menuju wisata berbasis kualitas pada masa pandemi
September 7, 2020

Suaramerdeka.com / Arif M Iqbal / 7 September 2020, 08:46 WIB

DENPASAR, suaramerdeka.com – Presiden Joko Widodo tetap menjadikan penanganan krisis kesehatan dalam pengendalian Pandemi Covid-19 sebagai prioritas. Namun demikian, upaya-upaya untuk menggerakkan kembali sektor perekonomian juga perlu terus dilakukan.

Hal demikian disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, AAGN Ari Dwipayana saat bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster, Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dan Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra di Denpasar, Minggu  (6/9).

Dalam kaitan ini, Ari Dwipayana berharap Pemprov Bali perlu menjaga keseimbangan antara menginjak gas dan rem dengan takaran yang tepat. “Pertimbangan kapan harus menginjak gas dan kapan menginjak rem, harus diputuskan secara seksama dengan tetap menjadikan pertimbangan data dan informasi yang akurat sebagai basis pembuatan keputusan,” ujar Ari Dwipayana.

Pihaknya memastikan bahwa Presiden Jokowi dan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju memberikan perhatian khusus bagi penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi covid-19 di Provinsi Bali.

Menurut dia, posisi Bali sebagai destinasi pariwisata unggulan Indonesia serta  hub utama pariwisata Indonesia membuat penanganan covid-19 di Provinsi Bali semakin penting dan mendesak. Anjloknya ekonomi Bali berdampak pada daerah-daerah lain.

“Banyak aktivitas perekonomian di daerah lain yang terkait pariwisata Bali terkena dampak atas penurunan aktivitas pariwisata di Bali,” jelasnya.

Kesiapan Bali untuk menggerakkan kembali sektor pariwisata, lanjut dia, sangat penting dan strategis maknanya bagi menggeliatnya kembali sektor pariwisata di daerah lain di Indonesia.

“Untuk itu berbagai persiapan untuk  memulihkan kepercayaaan dan  membuat wisatawan  merasa aman untuk datang ke Bali kembali sangat diperlukan,” tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, AAGN Ari Dwipayana juga mendiskusikan terkait program-program yang bisa dilakukan Pemerintah Pusat untuk mendukung pemulihan pariwisata Bali, mulai dari Hibah Pariwisata, memperbanyak MICE maupun program insentif untuk wisatawan berkunjung ke Bali.

Selain itu Ari Dwipayana menyerahkan secara simbolis enam ratus ribu masker bantuan dari  Pemerintah Pusat  kepada Pemprov Bali untuk memasifkan kampanye penggunaan masker sebagai bagian upaya penanganan penyebaran covid-19. Selanjutnya enam ratus ribu masker tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang memerlukan.

Artikel Asli : https://www.suaramerdeka.com/news/nasional/239899-pemerintah-pusat-dukung-pemulihan-pariwisata-bali

logo