Pemerintah Kucurkan Rp 4,55 Triliun demi Pariwisata Pulih

Ini Aturan dan Harga Tiket Masuk Ancol Terbaru Februari 2022
February 9, 2022
Jakarta Fashion Trend 2022 usung tema sinergi antara “fashion” & “art”
February 9, 2022

Liputan6.com / Tira SantiaTira Santia / 9 Feb 2022, 13:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto, mengatakan, pemerintah telah menyiapkan berbagai kebijakan utamanya untuk mendukung pemulihan industri pariwisata.

“Pemerintah memberikan insentif dan anggaran sebesar Rp 4,55 triliun untuk menunjang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Airlangga dalam RAKERNAS II PHRI Tahun 2022, Rabu (9/2/2022).

Menurutnya, sektor pariwisata adalah sektor yang terdampak paling berat dalam 2 tahun pandemi covid-19. Dalam program pemulihan sektor pariwasata dilakukan secara bertahap, dan masih dihadapkan dengan berbagai tantangan.

Antara lain, perlunya peningkatan konsistensi penerapan standar baik itu di sektor kesehatan dan kemanan, keberlanjutan lingkungan oleh seluruh masyarakat, serta terbatasnya aktivitas pariwisata akibat belum siap berbagai negara untuk membuka perbatasan dan menerima wisatawan mancanegara.

Karena hal itulah, Pemerintah menyadari dunia usaha masih perlu diberikan bantuan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi terutama untuk sektor-sektor yang terkena dampak, seperti sektor pariwisata.

Di sisi lain, saat ini Pemerintah tengah mengembangkan travel bubble yang dilakukan secara unilateral maupun bilateral.

“Travel bubble Batam-Bintan-Singapura telah diujicobakan dan kita berharap dalam waktu 2 minggu kedepan jumlah Ferry akan meningkat di Batam Bintan, dan juga diberikan kemudahan untuk tidak dilakukan karantina di Singapura berbasis pada vaksinated,” ujarnya.

Airlangga menegaskan, penggunaan protokol kesehatan di berbagai destinasi wisata menjadi kunci penanganan covid-19, dan pengelola diharapkan mempunyai Satgas covid-19 yang telah memenuhi standar.

“Saya mengajak untuk memperkuat kerjasama lintas sektor agar bisa mempercepat pemulihan ekonomi nasional, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya percaya bahwa dengan kegiatan ini (Rakernas PHRI) akan dapat disosialisasikan dan kita dapat melampaui berbagai macam masa sulit dalam upaya kita untuk mengembalikan pertumbuhan Ekonomi dan juga di sektor parawisata,” pungkas Airlangga.

Artikel asli : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4882066/pemerintah-kucurkan-rp-455-triliun-demi-pariwisata-pulih?source=search

logo