Pemerintah Kembangkan Wisata di NTT, Bangun Infrastruktur Digital dan Smart City

Siaran Pers: Indonesia-Portugal Bahas Peluang Kerja Sama Bilateral di Sektor Parekraf
December 16, 2021
Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (17 Desember 2021)
December 17, 2021

Liputan6.com/Nanda Perdana Putra/Diterbitkan 16 Desember 2021 pukul 23.36 WIB

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah tengah mempercepat digitalisasi sektor pariwisata dengan membangun infrastruktur digital untuk mendorong kebangkitan pariwisata di Indonesia. Salah satunya di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan, untuk kawasan NTT pemerintah membangun destinasi pariwisata super prioritas yang didukung dengan infrastruktur digital dan pengembangan smart city. Tentunya, hal itu menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Presiden Joko Widodo telah secara tegas menyampaikan kebijakannya untuk membangun destinasi wisata premium. Salah satu destinasi wisata super prioritas adalah Labuan Bajo atau Wilayah Flores. Dalam hal ini, tidak hanya daerah Labuan Bajo atau Pulau Komodo, tetapi juga menyangkut wilayah enklave periferal yang memberikan dukungan kepariwisataan Labuan Bajo atau Komodo itu sendiri,” tutur Johnny dalam keterangannya, Kamis (16/12/2021).

Johnny menyebut, Presiden Jokowi mengarahkan agar pembangunan pariwisata NTT menjadi pariwisata dengan kualitas tinggi.

“Jangan sampai kita mendowngrade menjadi mass pariwisata, mengulang pariwisata yang sudah ditinggalkan dunia kepariwisataan internasional. Kita mempunyai tugas untuk mendukung agar pariwisata Nusa Tenggara Timur adalah pariwisata yang mempunyai nilai ekonomi tinggi,” jelas dia.

Kawasan Pariwisata Premium

Johnny menyatakan, pihaknya berupaya menyediakan infrastruktur digital agar menjadikan pariwisata di NTT sebagai kawasan pariwisata premium. Dia pun menargetkan pada akhir Tahun 2022 mendatang, seluruh desa dan kelurahan di NTT telah mendapatkan sinyal 4G dan selanjutnya dilengkapi layanan high throughput satellite SATRIA-1 pada 2023.

“Dengan demikian maka jaringan tulang punggung untuk memberikan dukungan bagi pengembangan dan pembangunan destinasi wisata super prioritas di Nusa Tenggara Timur, yang didukung dengan pulau-pulau sekitarnya, bisa kita kelola dengan lebih baik,” Johnny menandaskan.

Artikel Asli: https://www.liputan6.com/news/read/4767981/pemerintah-kembangkan-wisata-di-ntt-bangun-infrastruktur-digital-dan-smart-city?source=search

logo