Pemerintah Diminta Pastikan Sektor Pariwisata Sudah Terapkan CHSE

Hadiri F1 GP Australia 2022, Menparekraf Pelajari Tata Kelola Fans Zone untuk Displai Produk Ekraf
April 11, 2022
Vaksinasi Lengkap Terbukti Efektif Menciptakan Antibodi
April 11, 2022

Medcom.id/  Antara / 11 April 2022, 08:28   WIB

Garut: Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah meminta pemerintah pusat maupun daerah memastikan semua sektor usaha pariwisata sudah memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE). Hal itu dinilai penting agar layak dikunjungi masyarakat saat berwisata di musim libur Lebaran.

“Kementerian, semua pemda untuk membantu mengarahkan tujuan wisata mana yang memang layak untuk dikunjungi,” kata Ferdiansyah, usai menghadiri acara pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dilansir dari Antara, Senin, 11 April 2022.

Ia menuturkan pemerintah sudah membolehkan masyarakat untuk melakukan kunjungan ke tempat wisata yang sebelumnya sempat dilarang dan dibatasi karena pandemi covid-19. Pengelola pariwisata di daerah, kata dia, harus sudah memiliki CHSE untuk memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung saat melakukan kegiatan wisata.

“Makanya soal CHSE ini harus diterapkan, harus menjadi kesadaran utama,” katanya.

Jika tempat tujuan wisata belum memiliki sertifikat CHSE, kata Ferdiansyah, maka pemerintah harus lebih meningkatkan pengawasannya, dan lebih memperketat penerapan protokol kesehatan di tempat tersebut.

“CHSE di tujuan wisata ini enggak pakai tawar, bagi para pelaku yang tidak memiliki harus diawasi, lebih dimonitoring, yang CHSE juga sebenarnya masih perlu ketat diawasi,” tuturnya.

Ia berharap seluruh pengelola wisata maupun pengunjung sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 sebanyak tiga kali untuk menjaga kesehatan bersama. Selain itu, lanjut dia, meski sudah vaksinasi, tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan tidak berkerumun untuk mencegah penularan wabah covid-19.

“Jadi semua harus menyadari, mengerti pentingnya kebersihan, dan kesehatan,” pungkasnya.

Artikel asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/gNQeJMWN-pemerintah-diminta-pastikan-sektor-pariwisata-sudah-terapkan-chse

logo