Pembangunan KEK Industri Bitung dan Pariwisata Likupang Dipercepat, Ini Alasannya

FHTB 2022 tarik minat 12.000 pengunjung
October 7, 2022
Menhub Sebut Pelabuhan Wisata Bakal Kembalikan Kejayaan Sanur Denpasar
October 7, 2022

Inews.id/ Antara/ 07 Oktober 2022, 11:00 WITA

MANADO, iNews.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mendorong percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Industri Bitung dan KEK Pariwisata Likupang. Pasalnya pembangunan dua kawasan tersebut sudah berjalan.

“Selain kedua KEK tersebut, pemerintah daerah juga akan mengusulkan KEK industri Kimong di Kabupaten Bolaang Mongondow,” sebut Sekdaprov Sulut, Praseno Hadi di Manado, Kamis (6/10/2022).

Praseno tetap optimistis, KEK yang dibangun ini tetap bertumbuh walaupun saat ini kondisi ekonomi Indonesia maupun internasional sedang menurun.

Menteri Keuangan bahkan memprediksi tahun depan akan lebih parah kalau kondisi seperti ini terus berlanjut, makin banyak negara berkembang bangkrut karena tidak mampu menahan inflasi maupun meningkatkan pertumbuhan perekonomiannya.

“Secara spesifik akan kita kaji terkait dengan KEK Bitung dan KEK Likupang, ke depan apa-apa yang perlu dikoreksi segera dilakukan, supaya tujuan adanya KEK ini tercapai,” katanya menambahkan.

Menurut dia, pengerjaan kawasan ekonomi ini sudah berlangsung, dan tidak bisa balik lagi.

“Lanjut saja terus pembangunannya, urusan yang di atas, nanti ada yang ngurus. Lanjutkan saja yang sudah dimulai,” ajaknya.

Dia tetap berharap semua pihak berkolaborasi, apalagi menurut dia, kehadiran KEK, negara memberikan privilege seperti bebas biaya impor serta insentif pajak.

“Yang belum diberikan kepada investor, berikan, memang perlu ditawarkan supaya investor yakin KEK ini banyak memberikan keuntungan,” harap Praseno.

KEK Industri Bitung dibangun di atas lahan seluas 534 hektare, sementara KEK Pariwisata Likupang 416,2 hektare.

Editor : Cahya Sumirat

Artikel asli : https://sulut.inews.id/berita/pembangunan-kek-industri-bitung-dan-pariwisata-likupang-dipercepat-ini-alasannya/all

logo