Pelaku UMKM di Belitung Diminta Transformasi Digital

Gugus tugas kaji permintaan penambahan kuota pengunjung Borobudur
September 9, 2020
Ragunan masih buka
September 10, 2020

Medcom. Id / Antara / 10 September 2020, 08:25 WIB

Belitung: Bupati Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh, mendorong para pelaku UMKM melakukan transformasi digital dalam menjalankan usahanya. Hal tersebut bertujuan menyesuaikan diri dengan adaptasi kebiasaan baru pandemi covid-19.

“Dengan secara digital juga maka jangkauan pemasarannya bisa lebih luas baik yang mau membeli atau memesan bisa melalui online,” kata Sahani di Tanjung Pandan, Kamis, 10 September 2020.

Sahani menjelaskan ke depannya transaksi tidak lagi dilakukan tatap muka tetapi sudah menggunakan informasi digital ini termasuk juga transaksi pembayarannya yakni non tunai.

Dia menjelaskan transformasi digital harus diambil dan dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk bertahan saat ini dan juga ke depan, sebab dengan teknologi tidak ada batasan bagi seseorang untuk melakukan aktivitas di tengah pandemi covid-19.

Pelaku UMKM diharapkan dapat melakukan adaptasi bisnis dari sebelumnya yaitu melakukan

promosi dan pemasaran produk secara konvesional kemudian diubah secara digital.

“Toko offline dapat merubah polanya menjadi market online gratis yang menyediakan laman penjualan gratis bagi pelaku UMKM,” jelasnya.

Ia juga mendorong para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produknya termasuk menggunakan bahan-bahan kebutuhan yang diperoleh dari lokal.

“Misalnya kita lihat tadi ada olahan buter atau talas yang seperti itukan banyak dj Belitung cuma selama ini belum tergarap dan diolah,” ujarnya.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/gNQG1Q5k-pelaku-umkm-di-belitung-diminta-transformasi-digital

logo