Pekerja Seni dan Film Terdampak Covid-19 Bakal Terima Bansos

TMII Kurangi Pengunjung, Bandung Batasi Jam Buka Objek Wisata
June 5, 2020
Pariwisata Natuna Bersiap Sambut New Normal
June 5, 2020

Medcom.Id / Siti Yona Hukmana / 5 Juni 2020 ,10:26  WIB

 

Jakarta: Kementerian Sosial bakal memberikan bantuan sosial (bansos) kepada pekerja seni dan film terdampak pandemi virus korona (covid-19). Mereka kehilangan pekerjaan dan berharap mendapat bantuan dari pemerintah.

“Pada prinsipnya kami siap membantu. Kami terbuka berapa penerima yang akan diajukan dari para artis dan pekerja film,” kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara di Jakarta, Jumat, 5 Juni 2020.

Juliari mengaku mendengar curhatan para artis senior yang tergabung dalam komunitas C’nior. Namun, penerima bansos harus memenuhi ketentuan, yakni by name by address (BNBA) dan memiliki nomor induk kependudukan (NIK).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?Happy Inspire Confuse Sad

“Karena bansos ini kan menggunakan uang negara, maka nanti akan tetap diperiksa keabsahannya. Data penerima yang sudah disampaikan para artis akan terlebih dulu dicleansing,” ujar Juliari.

Aktor Rano Karno menyampaikan 2.156 orang berhak menerima bansos. Mereka terdiri dari pekerja film, teater, dan seniman tradisional.

“Mereka sudah tidak bekerja selama 3-4 bulan Pak Menteri. Saya sendiri duduk di Komisi X DPR RI yang membawahi seni budaya tahu persis bagaimana kehidupan mereka yang sangat sulit selama pandemi,” kata pemeran Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu.

Aktris peran antagonis Debby Cynthia Dewi bersyukur Kemensos bersedia menyalurkan bantuan kepada pekerja seni dan film. Pemeran Novi dalam sinetron Samudra Cinta ini mengaku produksi sinetron yang dibintanginya harus disetop karena pandemi.

“Untuk satu judul sinetron bisa melibatkan tiga tim. Di mana satu tim bisa beranggotakan 150-an orang. Coba kalau dikalikan 2 atau 3 bersama istri dan anak, bisa dibayangkan berapa banyak yang terdampak,” papar aktris yang sudah berkiprah sejak 1972 ini.

Pemain film Gadis Kampus (1979) Alicia Djohar juga mengapresiasi bantuan Kemensos. Bantuan sangat bermanfaat bagi pekerja film.

“Pak Menteri, pandemi membuat banyak aktor laga kehilangan pekerjaan dan keluarganya kesulitan ekonomi, mereka terpaksa dirumahkan. Mudah-mudahan bantuan bisa berlanjut Pak,” tutur dia.

Pertemuan itu berlangsung virtual. Artis senior yang juga ikut bergabung, yakni Ratna Riantiarno, Deddy Mizwar, Niniek L. Karim, Yatty Oktavia, dan Baby Zelvia.

“Saya berharap bantuan ini masih bisa berlanjut dan menyentuh kawan-kawan lain yang belum mendapatkan bansos. Terima kasih, Pak Menteri,” kata Deddy Mizwar.

Kemensos akan menyalurkan bansos kepada 37 komunitas. Penerimanya terdiri atas kalangan pekerja perfilman, teater, seniman budaya Betawi, seniman budaya Sunda, seniman lawak, badut, perupa, musik dan penyanyi, serta artis lansia.

 

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/ybDlag0b-pekerja-seni-dan-film-terdampak-covid-19-bakal-terima-bansos?utm_source=all&utm_medium=allfeed&utm_campaign=allpartnership

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami