Pastikan Aman bagi Wisatawan, Dishub dan Polres Gunungkidul Ramp Chek Jip Wisata

Itang Yunasz & Khanaan yakin Indonesia jadi pusat mode muslim dunia
April 14, 2022
Seluruh Objek Wisata Kulonprogo Siap Sambut Wisatawan saat Lebaran
April 18, 2022

iNews.id/ Erfan Erlin/  14 April 2022 ,11:53 WIB

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Dinas Perhubungan bersama dengan Satlantas Polres Gunungkidul melakukan ramp chek angkutan wisata. Seluruh bus pariwisata, suttle pariwisata dan juga jeep wisata diperiksa untuk memastikan kondisinyas ehat untuk melayani wisatawan pada lebaran nanti.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griyavinto Sakti menuturkan, ramp chek ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan baik wisatawan maupun pengelola destinasi wisata. Semua armada wisata harus aman dan sehat.

“Karenanya kami mengecek langsung kesiapan angkutan wisata,”papar dia, Kamis (14/4/2022).

Untuk sasaran ramp chek pertama adalah jip-jip wisata yang berada di obyek wisata Goa Pindul. Puluhan jip wisata mereka cek dari sisi keamanannya seperti sistem pengereman, lampu dan juga ban. Selain itu juga pada peralatan pengamanan untuk pengunjung seperti helm penumpang.

Tak hanya jip wisata, mereka juga akan menggelar ramp chek untuk suttle bus di HeHa Ocean View yang banyak dimiliki oleh masyarakat setempat. Semua bagian dari suttle bus tersebut diperiksa kondisinya untuk memastikan keamanan dan keselamatan wisatawan terjamin.

“Kami ingin memastikan semuanya aman sebelum libur lebaran tiba,” ujar dia

Untuk mencegah terjadinya kejahatan jalanan dan arus mudik lebaran, Satlantas Polres Gunungkidul akan gencar melakukan razia kendaraan terutama roda dua. Terbukti dalam razia pagi tadi, petugas menemukan pengendara yang  tidak mengenakan helm, surat-surat yang sudah mati dan knalpot blombongan. Kepada pelanggar diberikan surat tilang sementara unit kendaraanya disita untuk dibawa ke polres.

“Kalau tadi pagi, pelanggaran terbanyak adalah TNKB mati. Tetapi kalau kemarin-kemarin, knalpot blombonganlah yang jumlahnya banyak kami amankan,” ujar dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Artikel asli : https://yogya.inews.id/berita/pastikan-aman-bagi-wisatawan-dishub-dan-polres-gunungkidul-ramp-chek-jip-wisata

logo