Pariwisata Internasional Bali Diwacanakan Dibuka 1 Desember

Pelaku Industri Sambut Pameran Pariwisata Kemenparekraf di Yogyakarta
November 8, 2020
Indonesia Fashion Week 2020 digelar virtual 14-15 November
November 9, 2020

Kumparan.com /Red / 9 November 2020, 13:24 WIB

Beredar wacana penerbangan internasional dari dan ke Bali akan dibuka pada 1 Desember 2020 mendatang. Akses penerbangan ini untuk membuka kembali kegiatan sektor pariwisata Pulau Dewata tersebut.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan pembukaan sektor pariwisata masih sebatas pembicaraan. Pemerintah masih mempertimbangkan kondisi kasus virus corona di Indonesia dan luar negeri.

“Negara asal pariwisata juga diperhitungkan dengan cermat. Ada pembicaraan ke arah sana (pembukaan pariwisata internasional pada 1 Desember). Ada kita masih perlu persiapan lagi,” katanya di Gedung DPRD Bali, Denpasar, Senin (9/11).

Di tempat yang sama, Sekda Bali I Made Indra mengatakan, pembukaan sektor pariwisata pariwisata ini penting untuk kegiatan ekonomi. Pembukaan pariwisata internasional ini diharapkan tidak berdampak negatif terhadap kasus corona di Bali.

“Karena itu penting untuk menggerakkan ekonomi kita. Tapi pemerintah pusat kan mengevaluasi tingkat kesiapan kita, jangan sampai ketika dibuka terjadi eskalasi kasus yang meningkat. Kita dapatkan bukan manfaat tapi kerugian, karena itu maka persiapan kita matangkan terus,” kata Indra.

Sejumlah kegiatan simulasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, hotel, transportasi dan Imigrasi, telah dilaksanakan menjelang pembukaan pariwisata internasional.

Saat ini, tim dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Kementerian Hukum dan HAM, sedang mengkaji simulasi tersebut. Nantinya, masing-masing tim akan melaporkan hasil kajian kepada Presiden Joko Widodo dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

“Ada waktunya para pimpinan bertemu dan menyepakatinya,” imbuh Indra.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparannews/pariwisata-internasional-bali-diwacanakan-dibuka-1-desember-1uYS1GqnR8i/full

logo