Pariwisata Domestik Dibuka Kembali, Wisatawan Mulai Kunjungi Raja Ampat

Berkuda, Solusi Wisata di Era New Normal
September 2, 2020
Uji Coba Pembukaan Objek Wisata Gunungkidul Diperpanjang
September 2, 2020

Kumparan.com / Konten Redaksi kumparan / 2 September 2020, 11:01 WIB

Raja Ampat telah membuka kembali pariwisatanya mulai Sabtu (22/8) untuk wisatawan nusantara (wisnus) secara bertahap. Adapun, pembukaan pariwisata Raja Ampat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, mengatakan bahwa para wisatawan kini mulai mengunjungi sejumlah objek wisata di Raja Ampat.

“Beberapa objek pariwisata kami buka, tapi dengan menerapkan protokol yang sangat ketat. Pengunjung dan pemandu wajib mengikuti prosedur pencegahan COVID-19,” ujarnya seperti dilansir Antara, Rabu (2/9).

Ia mengatakan Pemkab Raja Ampat belum berani membuka seluruh objek wisata, karena sejumlah daerah di Papua Barat dan Indonesia angka penularan COVID-19 masih tinggi.

Abdul menambahkan, saat ini jumlah pengunjung pun belum banyak dibanding saat situasi normal. Objek wisata yang dibuka juga baru sebatas pada lokasi-lokasi menyelam.

“Penyebaran COVID-19 di Kota Sorong masih cukup tinggi. Sedangkan Kota Sorong adalah pintu masuk menuju Raja Ampat. Kemarin masih terjadi penambahan cukup banyak di Kota Sorong,” lanjut Abdul.

Belum Semua Objek Wisata di Raja Ampat yang Dibuka

Saat ini Raja Ampat telah berhasil pindah dari zona merah ke zona kuning. Kendati demikian, pihaknya belum berani membuka seluruh objek pariwisata. Upaya pencegahan COVID-19 masih terus dilakukan.

“Raja Ampat sangat bergantung dengan perkembangan COVID-19 di Kota Sorong. Setelah Kota Sorong zona hijau, baru kami berani buka seluruh objek wisata di Raja Ampat,” kata Abdul.

Abdul menambahkan, saat ini Gugus Tugas COVID-19 Raja Ampat juga masih bekerja keras melakukan pencegahan. Seluruh pintu masuk dijaga secara ketat untuk mencegah gelombang kedua COVID-19.

“Kalau keluar naik motor di jalan raya Raja Ampat jangan coba-coba tidak pakai masker, kalian pasti dapat pukul. Protokol kesehatan kami terapkan sangat tegas demi keselamatan bersama,” pungkasnya.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparantravel/pariwisata-domestik-dibuka-kembali-wisatawan-mulai-kunjungi-raja-ampat-1u7T1UgUXyy/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami