Pariwisata di Cianjur Kembali Dibuka, Kartu Vaksin Jadi Syarat Masuk Pengunjung

Siaran Pers: Menparekraf Dorong Masyarakat Jadi Entrepreneur dengan Optimalkan Digitalisasi
August 31, 2021
1.340 Kearifan Lokal Wellness Tourism Indonesia Ditampilkan di Ajang IWTIF 2021
September 1, 2021

Kumparan.com / Red/ 1 September 2021, 10:54 WIB

Objek pariwisata di Cianjur, Jabar, mulai dibuka kembali seiring masuknya daerah tersebut dalam PPKM Level 2. Selain protokol kesehatan (prokes) ketat, kartu vaksin menjadi syarat pengunjung untuk masuk lokasi pariwisata.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan merujuk Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) nomor 38 tahun 2021 tentang PPKM Corona Virus Disease 2019 di Jawa-Bali, ada enam daerah di Jawa Barat yang berstatus PPKM level 2. Satu di antaranya adalah Kabupaten Cianjur.

“Kapasitas 25 persen dari daya tampung dan pengunjung disyaratkan dengan kartu vaksin COVID-19,” kata Yusman kepada wartawan, Rabu (1/9).

Ia menambahkan pengelola objek wisata harus menyediakan fasilitas hand sanitizer dan tempat cuci tangan yang mudah diakses. “Intinya syarat prokes. Satgas juga akan melakukan pengawasan selama pelaksanaannya,” imbuhnya.

Meski ada kelonggaran, petugas gabungan akan melakukan penyekatan kendaraan di semua wilayah perbatasan selama PPKM Level 2.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Cahyo Supriyo menyambut gembira penurunan level di masa perpanjangan PPKM hingga 6 September 2021.

Menurutnya, capaian ini merupakan hasil kerja kolektif semua pihak, termasuk dukungan dan respons dari masyarakat.

Namun, Cahyo mengingatkan masyarakat agar tidak lengah dengan pencapaian ini. Warga diimbau tetap disiplin terhadap prokes untuk mencegah penularan corona.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparannews/pariwisata-di-cianjur-kembali-dibuka-kartu-vaksin-jadi-syarat-masuk-pengunjung-1wRY7zc6LPB/full

logo