Pantai Parangtritis akan dibuka dengan mengacu SOP Kemenkes

Pemerintah Diminta Segera Terbitkan Regulasi Normal Baru Pariwisata
June 18, 2020
Bupati Banyuwangi ajak seniman bersiap menyambut normal baru
June 18, 2020

Antaranews.com / Hery Sidik /  18 Juni 2020 , 13:56 WIB

 

“Harus sterilisisasi dulu dengan penyemprotan disinfektan, kemudian dari masing-masing si pengelola harus sehat, memakai masker.”

Bantul (ANTARA) – Kawasan objek wisata Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan dibuka secara resmi dengan mengacu pada standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan yang sudah disederhanakan.

“Kalau SOP yang 12 item itu persyaratan yang diinginkan Dinas Kesehatan, namun karena kita menunggu SOP dinas belum ada, kemudian ketua Gugus Dusun dan kita menggunakan acuan dari Kemenkes yang kita sederhanakan menjadi 10 item,” kata Pengelola Objek Wisata Pantai Parangtritis Triwaldiyana di Bantul, Kamis.

Menurut dia, beberapa item yang harus dipenuhi dalam SOP protokol kesehatan itu salah satunya yang utama adalah sebelum membuka objek wisata untuk wisatawan, sarana dan prasarana harus dilakukan sterilisisasi terlebih dulu dengan penyemprotan disinfektan.

“Harus sterilisisasi dulu dengan penyemprotan disinfektan, kemudian dari masing-masing si pengelola harus sehat, memakai masker. Jadi yang pertama utamanya kita dulu selaku pelaku wisata, baru kemudian kondisi fisik,” katanya.

Dia mengatakan, setelah itu baru pada upaya untuk memastikan kondisi kesehatan pengunjung dan masyarakat pelaku wisata yang membuka usaha di kawasan wisata, mengingat ada ribuan orang pelaku usaha yang menggantungkan pendapatan dari jasa usaha pariwisata.

“Pengunjung itu kan banyak sekali, termasuk kami kan banyak kelompok usaha warung, ada usaha bendi, sewa payung dan lain-lain, ada sekitar 30 usaha kelompok usaha di Pantai Parangtritis, makanya kami juga kerepotan juga dengan ribuan para pelaku wisata di sini,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, sebelum membuka secara resmi objek wisata Parangtritis untuk wisatawan, diperlukan kesiapan sumber daya manusia (SDM) pelaku wisata dan masyarakat yang menggantungkan sektor perekonomian di kawasan wisata, termasuk sarana prasarana dan fasilitas pendukung.

“Kalau tuntutan warga itu (wisata Parangtritis) segera dibuka, tapi saya selalu ingatkan ke warga dan semua itu saya kembalikan ke masyarakat sendiri, kalau memang sudah siap, tentu pemerintah akan membuka seperti yang disampaikan kepala dinas,” katanya.

Dia mengatakan, karena itu pengelola wisata sebagai perwakilan dari pemerintah selalu memberikan ketegasan kepada masyarakat pelaku wisata, karena kunci pembukaan objek wisata di saat pandemi wabah virus corona ini adalah kesiapan dari masyarakat itu sendiri.

“Jadi kaitan bagaimana menyiapkan sarana dan prasarana yang harus dipenuhi, seperti fasilitas cuci tangan dengan air mengalir pakai sabun, pemakaian masker, dan jaga jarak ini kita bertahap, karena jumlah para pelaku wisata di sini (Parangtritis) ribuan,” katanya.

 

Editor: Ahmad Wijaya

 

Artikel Asli : https://www.antaranews.com/berita/1560776/pantai-parangtritis-akan-dibuka-dengan-mengacu-sop-kemenkes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami