Ratusan Warga Memadati Kebun Binatang Solo
June 19, 2020
Hunian hotel di Kota Cirebon mulai meningkat
June 19, 2020

Medcom.Id / Ahmad Mustaqim /19 Juni 2020 ,  16:21  WIB

 

Sleman: Obyek wisata di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, yang bersifat terbuka atau outdoor dinilai bisa lebih siap menyambut situasi new normal. Pemkab Sleman telah melakukan simulasi penerapan new normal, baik di wisata yang sifatnya terbuka maupun di ruangan.

“Obyek wisata terbuka bisa lebih banyak akses dalam mengatur protokol kesehatan. Pengawasan wisatawan juga bisa cepat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih, saat dihubungi, Jumat, 19 Juni 2020.

Sudarningsih menjelaskan beberapa obyek wisata itu yakni Candi Ijo, Tebing Breksi, hingga Merapi Park. Selain itu ada sejumlah perhotelan dan obyek wisata yang ada di dalam ruangan.

“Kalau (obyek wisata) tertutup ini kan terbatas dengan kapasitas. Pak Bupati (Sleman) tadi sempat memantau Merapi Park bisa menampung hingga 1.000 wisatawan. Itu sudah dengan aturan jaga jarak dan protokol kesehatan. Ada yang kapasitasnya cukup besar,” ujarnya.

Selain itu ia mengatakan desa wisata sempat menyatakan belum siap untuk menyambut new normal. Situasi itu tak lepas dari kekhawatiran penyebaran covid-19 yang belum mereda. “Kami katakan, mau menunggu sampai kapan? Pokoknya protokol kesehatan disiapkan,” ungkap Sudarnigsih.

Secara garis besar obyek wisata di Sleman ditekankan segera menyiapkan berbagai fasilitas menyambut normal baru. Mulai dari tempat cuci tangan atau wastafel, alat pengukur suhu tubuh, hingga aturan jaga jarak dan penyediaan hand sanitizer.

“Kekurangannya apa saja, perlu penambahan segera ditambahi. Semua (obyek wisata) kepengennya) dilengkapi dengan simulasi. Yang pasti, kami minta adanya kesiapan protokol kesehatan,” ujarnya.

 

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/RkjBOX6k-obyek-wisata-outdoor-di-sleman-menyongsong-new-normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami