MotoGP Mandalika Buka Peluang Pariwisata Indonesia Mendunia, Erick Thohir: Ini Acara Kita Semua

Warkop NYC: Ekspansi Budaya Nongkrong dan Ngopi di Warung Indonesia ke Amerika
March 10, 2022
Menparekraf targetkan 128 Desa Wisata di Kalbar
March 10, 2022

Inews.id / Suparjo Ramalan / 10 Maret 2022 ,15:47 WIB

JAKARTA, iNews.id – Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Mandalika (MotoGP Mandalika) membuka peluang pariwisata Indonesia semakin mendunia.

Terkait dengan itu, Menteri BUMN mengajak semua pihak mendukung MotoGP Mandalika untuk mendorong bergeliaytnya kembali sektor pariwisata, sekaligus memajukan makro ekonomi nasional.

Menurut dia, MotoGP Mandalika 2022 diharapkan mampu mendorong bergeliatnya sektor pariwisata Tanah Air yang sebelumnya tertekan akibat pandemi Covid-19. Bahkan, mampu membawa nama besar Indonesia di kancah internasional.

Itu lantaran pemerintah berambisi menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi MotoGP dalam 10 tahun ke depan. Pada tahun ini Dorna Sports menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP.

“Ini acara kita semua. Tak hanya tahun ini, tapi juga dalam 10 tahun ke depan. Mari dukung Pertamina Grand Prix of Indonesia untuk memajukan ekonomi dan pariwisata kita, serta menjadikan Indonesia maju, makmur, dan mendunia,” ungkap Erick melalui akun Instagramnya, Kamis (10/3/2022).

Erick menilai MotoGP sebagai ajang bertaraf internasional yang menjadi kesempatan terbaik bagi negara dan masyarakat memperkenalkan Indonesia di mata dunia, khususnya destinasi wisata selain Bali. Nusa Tenggara Barat memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik dengan Bali, dan diharapkan semakin berkembang seiring ajang MotoGP Mandalika.

Momentum ini menjadi alasan utama Erick Thohir melakukan pengawalan baik proses konstruksi sirkuit gungga proses penyelenggaraan event MotoGP nantinya. Terutama, ada sinergi dan kontribusi BUMN di dalamnya, mulai dari pembangunan sirkuit, infrastruktur pendukung, sarana akomodasi hingga sponsorship.

Adapun perusahaan pelat merah yang mengambil peran strategis sejak awal hingga pelaksanaan MotoGP diantaranya, Holding BUMN Pariwisata atau InJourney, PT Pertamina (Persero), PT Angkasa Pura (Persero), PT Telkom Indonesia Tbk, PT Pelindo (Persero), PT PP (Persero), PT Wijaya Karya (Persero), hingga Himbara.

“Beberapa BUMN terlibat mulai dari InJourney, Pertamina, Angkasa Pura, Pelindo, PP, WIKA, Telkom, dan juga Himbara,” kata Erick.

Erick menambahkan, total kontribusi perusahaan negara terhadap pelaksanaan MotoGP 2022 mencapai Rp3,8 triliun. Jumlah itu terdiri dari investasi pembangunan sirkuit, infrastruktur pendukung, pembangunan hotel untuk akomodasi, dan sponsorship. Lihat juga: Audio Series Ikatan Cinta Episode 52: Elsa Cemburu Lihat Andin dan Nino Berduaan Editor : Jeanny Aipassa

Artikel asli : https://www.inews.id/finance/bisnis/motogp-mandalika-buka-peluang-pariwisata-indonesia-mendunia-erick-thohir-ini-acara-kita-semua

logo