MotoGP 2022 Akan Menjadikan Pariwisata Lombok Mendunia

Wamen LHK dorong pariwisata alam terapkan prinsip 3R
March 1, 2022
BPS: Kunjungan wisman naik 13,42 persen pada Januari 2022
March 1, 2022

Inews.id / Rio Eristiawan / 01 Maret 2022 ,13:30 WIB

JAKARTA, iNews.id – Perhelatan MotoGP 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) membawa berkah bagi pariwisata di Indonesia. Bahkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berharap pariwisata Lombok akan mendunia.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa mengatakan, dengan adanya MotoGP Indonesia 2022 akan mempromosikan Lombok sebagai tempat wisata ke seluruh dunia. Dia berharap Lombok bisa menjadi pariwisata internasional

Sebagaimana diketahui, Indonesia masuk dalam kalender MotoGP. Sirkuit Mandalika menjadi seri kedua MotoGP pada (20/3/2022) mendatang.

Rizki Handayani mengatakan, NTB merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas. Dengan adanya MotoGP di NTB, maka perlu adanya pengembangan

“Mandalika di NTB itu sudah menjadi destinasi super prioritas, kemudian ketika berbicara mengenai destinasi super prioritas ada apa yang perlu dikembangkan,” kata Rizki Handayani dalam konversi pers virtual, Selasa (1/3/2022).

Lebih lanjut, Rizki Handayani mengatakan, Mandalika mendapatkan keuntungan karena adanya MotoGP. Dia menjelaskan, karena ajang balap motor tersebut sangat banyak peminatnya, sehingga akan membuat promosi ke seluruh dunia mengenai pariwisata Lombok.

“Mandalika ini mendapatkan rezeki nomplok, karena adanya MotoGP. Peminatnya ataupun penggemarnya sangat besar di seluruh dunia, dan ini akan mempromosikan secara umum dan tentunya Mandalika secara khusus,” katanya. Editor : Vien Dimyati

Rizki menambahkan, dengan waktu yang tersisa, sebelum perhelatan MotoGP Indonesia, maka tinggal pembahasan mengenai persiapan yang kurang. Terlebih pemerintah telah melakukan tanda tangan dengan Dorna untuk keseriusan ajang MotoGP.  Dia menjelaskan saat ini hanya tinggal melakukan pengecekan, karena pembenahan telah selesai dilakukan.

“Tinggal 18 hari lagi pelaksanaan, jadi ini tinggal pembenahan saja dan dua minggu lalu kami sudah tanda tangan kontrak dengan Dorna terkait keseriusan pemerintah. Jadi saat ini kita semua di semua sektor membenahi semua persiapan dan sudah siap, hanya tinggal melakukan pengecekan,” tuturnya.

Sementara itu, Rizki Handayani mengatakan sebanyak 60 ribu penonton akan menyaksikan MotoGP di Sirkuit Mandalika karena masih adanya Covid-19. Selain itu, dia menjelaskan, pembangunan fasilitas pariwisata juga bisa dimanfaatkan masyarakat lokal.

“Setelah diputuskan kemarin jumlah penonton menjadi 60 ribu totalnya dalam tiga hari itu, karena kita mengingat adanya Covid-19. Diharapkan pembangunan fasilitas pariwisata, tetapi lainnya akan memiliki manfaat lokal,” katanya.

Rizki Handayani berharap NTB ke depannya bisa menjadi pariwisata internasional bukan karena adanya MotoGP, tetapi kesiapan fasilitas yang ada. Dia menjelaskan, telah melakukan pelatihan kepada masyarakat untuk untuk mengelola fasilitas yang ada.

“Ke depannya NTB diharapkan menjadi pariwisata internasional bukan hanya adanya MotoGP, tetapi fasilitas kesehatan, transportasi dan kesetiaan masyarakat. Kami telah memberikan pelatihan untuk masyarakat lokal untuk menjalankan itu semua, dan ini adalah kolaborasi dari semua kementerian,” ujarnya.

Editor : Vien Dimyati Sebelumnya

Artikel asli : https://www.inews.id/travel/destinasi/motogp-2022-akan-menjadikan-pariwisata-lombok-mendunia/2

logo