Milenial Didorong Berperan dalam Pengembangan Pariwisata dan Ekraf

Nusa Tenggara Timur Raih Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2020
May 21, 2021
Siaran Pers: Tiga Strategi Kemenparekraf Tingkatkan Daya Saing Pelaku Ekraf di Yogyakarta
May 21, 2021

Medcom.id/ Antara / 21 Mei 2021, 10:30 WIB

Mataram: Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) mendorong kalangan milenial ikut membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Harapannya bisa berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi.

“Kami mengapresiasi milenial yang tergabung dalam NTB Creative Hub untuk terus mengembangkan karya dan kreativitas. Daya jelajah kreativitasnya kini diuji dengan kehadiran berbagai destinasi wisata dan beberapa perhelatan yang akan muncul di masa pandemi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H Yusron Hadi, dilansir dari Antara, Jumat, 21 Mei 2021.

Yusron, saat menerima Audiensi Tim NTB Creative Hub untuk membahas program pengembangan dan promosi ekraf di NTB menegaskan, karya ekonomi kreatif hendaknya bisa mengisi destinasi wisata maupun ajang wisata yang ada. Bahkan, bila perlu etalase kreasinya diperluas sehingga juga hadir di masing-masing kabupaten dan kota.

“Kita senang ada ruang ekspresi kalangan muda yang gila kreativitas. Ini bisa disediakan di ruang publik, taman maupun ruang terbuka yang ada sehingga bisa mereka menunjukkan eksistensi dan menggairahkan mereka untuk terus berkarya,” ujarnya.

Menurutnya apresiasi hendaknya disematkan kepada mereka karena belum banyak yang punya talent seperti itu. “Ke depan kita punya agenda HK Endurance Challange, Superbike dan MotoGP,” ucapnya.

“Pengayaan daya tarik obyek wisata di desa-desa wisata perlu diisi oleh giat-giat ekraf. Berwisata bukan semata menikmati alam tapi juga budaya salah satunya melalui karya-karya industri kreatif yang berkembang,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua NTB Creative Hub Alta Rifan mengatakan pihaknya siap membantu pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata dan ekraf di wilayah itu. NTB Creative Hub menaungi komunitas pegiat industri kreatif yang beranggotakan kaum muda milenial.

“Di topang beragam latar belakang mulai fesyen, sinema, visual digital, arsitektur, musik, desain grafis, fotografer, dan videografer. Sedangkan, pogram yang telah dijalankannya di antaranya membantu dan bisa tune in dengan pengembangan kepariwisataan dan ekonomi kreatif di NTB,” pungkasnya.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/yNLPop2N-milenial-didorong-berperan-dalam-pengembangan-pariwisata-dan-ekraf

logo