Merek Fesyen Indonesia Bakal Boyong Busana Netral Gender ke Runway New York Fashion Week 2022

Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (24 Agustus 2021)
August 24, 2021
Jakarta Metaverse Upaya Komite Ekraf Jakarta Ciptakan Melting Pot Pelaku Ekraf di Masa Pandemi
August 24, 2021

Liputan6.com/Asnida Riani/Diterbitkan 24 Agustus 2021 pukul 07.02 WIB

Liputan6.com, Jakarta – Tidak kurang dari 60 looks akan diboyong brand lokal Indonesia, Erigo, ke runway New York Fashion Week (NYFW) 2022, September 2021. Founder sekaligus CEO-nya Muhammad Sadad mengatakan bahwa visual koleksi tersebut akan “lebih berani.”

“Kami akan membawa koleksi netral gender ke NYFW. Bakal ada busana plus-size juga,” katanya dalam konferensi pers virtual, Senin, 23 Agustus 2021, menambahkan bahwa prestasi ini sekaligus menandai 10 tahun sejak merek tersebut dirilis.

Bertema “Fashion Meets Function,” koleksi mode ini memanfaatkan palet warna neonic, seperti orange tiger, black beauty, lemon chrome, teal blue, raspberry, dan lime green. Sadad berharap busana yang diluncurkan bisa dipakai semua kalangan, ras, gender, dan berbagai macam bentuk tubuh.

Dalam presentasinya, Erigo berkolaborasi bersama Shopee untuk mengajak para pengguna dan masyarakat Indonesia turut mendukung melalui tayangan di Shopee Live. Juga, akan ada peluncuran koleksi eksklusif terbaru Erigo dan promo menarik untuk berbagai produk merek fesyen itu.

Menambah kemeriahan partisipasinya dalam salah satu pekan mode terbesar dunia, Erigo juga berkolaborasi dengan beberapa selebritas dan influencer Indonesia. Masuk dalam daftarnya adalah Gading Marten, Luna Maya, Enzy Storia, Febby Rastanty, Denny Sumargo, Alika Islamadina, Uus, Arief Muhammad, Ayla Dimitri, dan Den Dimas.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan di kesempatan yang sama bahwa kehadiran Erigo di runway NYFW 2022 diharapkan jadi motivasi bagi brand lokal lain untuk unjuk gigi di panggung fesyen dunia. “Semoga jadi pelopor bagi 180 ribu brand lokal yang sudah ada dalam ekosistem ekspor Shopee,” ucapnya.

Koleksi Eksklusif

Selain itu, dalam perayaan 10 tahun eksistensi Erigo, pihaknya juga meluncurkan koleksi eksekutif. “Ini jadi satu hal yang baru bagi kami dengan desain lebih ideologis,” kata Sadad.

Koleksi perdana bertajuk “Erigo X” ini terdiri dari 16 looks. Koleksi kapsul ini dijelaskan “terdiri dari warna-warna abadi berjiwa muda yang akan berkembang jadi sebuah koleksi yang mengangkat tren fesyen dunia.”

Sadad mengatakan, “Erigo X merupakan brand yang menyajikan tren terkini, seperti pakaian daily, active, dan formal wear yang mengadaptasi elemen gender neutral. Dibalut dengan desain yang high fashion dengan material yang sustain dan Erigo X ini adalah sebuah koleksi affordable fashion.”

Bukan Kali Pertama

Berbicara tentang panggung NYFW, Erigo nyatanya bukanlah wakil pertama Indonesia. Sebelumnya, beberapa nama sudah lebih dulu “membawa bendera” Negeri Khatulistiwa di pekan mode bergengsi itu.

Sebut saja desainer asal Indonesia Maggie Hutauruk Eddy yang pamer hasil rancangannya pada pergelaran New York Fashion Week 2020. Karyanya mencuri perhatian karena menampilkan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

I have come to realize that I can use @nyfw platform to express more than ‘just fashion’ (Saya menyadari bahwa saya dapat menggunakan platform @nyfw untuk mengekspresikan lebih dari ‘sekedar mode’),” tulis Maggie dalam akun Instagram pribadinya, 11 Februari 2020.

Pada penyelenggaraan NYFW tahun sebelumnya, Maggie kedapatan mendesain karung beras bekas dan karung tepung terigu jadi item fesyen unik. Dalam keterangan di akun Instagran Indonesia Creative Hub, Maggie menerangkan konsep desain yang ia bawa ke panggung NYFW 2019. Ia terinspirasi dari gaya ikon pop dan rock era 80-an yang penuh warna, serta eklektik.

Cita rasa seni Andy Warhol dan Jean-Michel Basquiat cukup mendominasi karyanya, terlihat dari motif  yang sangat cerah dan bentuk abstrak. Ide ini kemudian dituangkan pada jaket bermotif wajah perempuan Afro berpadu kaus V neck putih dengan gambar karung terigu Cap Segitiga Biru.

Untuk menghasilkan tampilan gaya 80-an, ia memadukannya dengan celana denim berkombinasi bahan kain Makassar. Tak lupa rantai di celana pria sebagai aksesori pelengkap.

Artikel Asli: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4639168/merek-fesyen-indonesia-bakal-boyong-busana-netral-gender-ke-runway-new-york-fashion-week-2022?HouseAds&campaign=FashionBeauty_Lifestyle_STM

logo