Menparekraf Targetkan Investasi Baru di Sektor Pariwisata Ciptakan 1 Juta Lapangan Kerja Baru

Menparekraf ajak masyarakat ikut susun tatanan ekonomi baru
March 25, 2022
Pemda NTT perkuat promosi pariwisata lewat puluhan festival di 2022
March 25, 2022

Inews.id / Azhfar muhammad /25 Maret 2022 , 11:46 WIB

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparekraf), Sandiaga Uno, menargetkan investasi baru di sektor pariwisata yang dimulai tahun ini, dapat menciptakan 1 juta lapangan kerja baru.

Menurut dia, ivestasi baru tersebut rencananya di 5 destinasi super prioritas (DSP), 8 kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata, dan 12 proyek investasi pariwisata berkelanjutan.

Khusus untuk proyek investasi pariwisata berkelanjutan, telah diluncurkan Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pada 17 Maret 2022.

“Kita memprediksi tahun ini akan dimulai investasi. Rencana investasi ada di 5 destinasi super prioritas, 8 kawasan ekonomi khusus, serta 12 proyek investasi pariwisata berkelanjutan. Kami targetkan investasi baru ini bisa menciptakan 1 juta hingga 1,5 juta lapangan kerja baru,” kata Sandiaga Uno, dalam keterangan resmi, Jumat (25/3/2022).

Dia menjelaskan, investasi yang ditawarkan Kemenparekraf ke-18 investor asing tersebut adalah investasi pengembangan pariwisata berkelanjutan dan pariwisata berbasis komunitas sebagai upaya mengakselerasi kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja di Indonesia.

“Keinginan para investor asing untuk berinvestasi di sektor pariwisata sudah mulai meningkat. Hal ini menjadi sinyal positif dalam upaya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga diharapkan dapat membuka lapangan kerja dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga mengungkapkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat ini tengah menawarkan nilai investasi dengan kisaran sebesar 1-1,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

“Kami menawarkan dari total lima persen target kontribusi pariwisata, adalah 20 persen dalam bentuk investasi baru yang akan menciptakan lapangan kerja baru,” ungkap Sandiaga Uno. Editor : Jeanny Aipassa

Artikel asli : https://www.inews.id/finance/bisnis/menparekraf-targetkan-investasi-baru-di-sektor-pariwisata-ciptakan-1-juta-lapangan-kerja-baru/all

logo