Menparekraf Sandiaga Uno Bangga 460 Wisudawan Poltekpar Medan Diterima Kerja

Sandiaga Uno: Labuan Bajo Beroperasi 2024
November 1, 2022
Kemenparekraf Targetkan Serap 4,4 Juta Tenaga Kerja Baru
November 1, 2022

Inews.id/ Nani Suherni/01 November 2022,15:46 WIB

MEDAN, iNews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kepada Politeknik Pariwisata Negeri (Poltekpar) Medan. Poltekpar Medan dinilai sukses mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul siap kerja.

Apresiasi disampaikan Sandiaga Uno ketika mewisuda 460 lulusan Poltekpar Medan di Regale Convention Center, Jalan H Adam Malik, Silalas, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (1/11/2022).

“Hari ini kita mewisuda 460 lebih wisudawan-wisudawati dan ini adalah amunisi baru untuk kebangkitan pariwisata,” ujar Sandiaga Uno.

Dia menuturkan, berbeda dengan institusi pendidikan lainnya, lulusan Poltekpar Medan sudah mendapatkan lapangan pekerjaan. Selain itu, jata dia 30 persen lulusan Poltekpar Medan diketahui akan membuka usaha sendiri.

“Jadi (lulusan) ini tidak menyumbangkan angka pengangguran yang secara nasional lulusan dari pendidikan tinggi, angka penganggurannya 14-18 persen. Tapi di Poltekpar Medan ini nol. Jadi ini saya ucapkan apresiasi kepada seluruh institusi pendidikan di lingkup Kemenparekraf,” tuturnya.

Menurutnya, kesiapan SDM tersebut membantu kebangkitan pariwisata nasional pasca pandemi covid-19 serta pencapaian target kunjungan wisatawan, baik mancanegara dan Nusantara yang sekarang menjadi tulang punggung sektor parekraf saat ini.

Selain itu, lanjut dia kehadiran para lulusan Poltekpar di lingkungan Kemenparekraf pun katanya mendorong menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

“Jadi ini yang sedang kita persiapkan, Poltekpar dan Pusat Pengembangan SDM Parekraf ada di garda terdepan untuk penyiapan penciptaan lapangan kerja ini,” katanya.

Editor : Kurnia Illahi

Artikel asli : https://sumut.inews.id/berita/menparekraf-sandiaga-uno-bangga-460-wisudawan-poltekpar-medan-diterima-kerja/all

logo