Menparekraf Ajak Lebih Banyak Desa Wisata Ikut Ajang ADWI 2021

Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (26 Mei 2021)
May 26, 2021
Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (27 Mei 2021)
May 27, 2021

Medcom.id/ Husen Miftahudin / 27 Mei 2021, 07:36 WIB

Bali: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak lebih banyak desa wisata untuk berpartisipasi dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Adapun Anugerah Desa Wisata ini adalah bentuk keberpihakan dari pemerintah.

“Bentuk ekonomi yang berkeadilan membantu saudara-saudara kita yang betul-betul membutuhkan, yaitu para pelaku wisata dan ekonomi kreatif khususnya yang ada di desa-desa wisata,” ujar Sandiaga, dalam keterangan resminya, Kamis, 27 Mei 2021.

Sandiaga menuturkan, desa wisata memiliki potensi besar untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air. Selain menarik minat masyarakat, juga dapat membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha lebih banyak.

“Desa wisata ini memberikan begitu banyak lapangan pekerjaan dan membuka peluang usaha serta dapat meningkatkan keterampilan masyarakat untuk digitalisasi konten menjual daring,” paparnya.

Sandiaga berharap lewat sosialisasi ini akan banyak desa wisata lain di Indonesia untuk ikut bergabung dalam ADWI 2021. Lewat kompetisi ADWI ini, Sandiaga ingin masyarakat Indonesia bahkan dunia mengetahui potensi besar desa wisata.

“Dengan sosialisasi ini, kita harapkan akan membangkitkan minat dari desa-desa wisata yang ada di seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri. Jadi jangan lupa daftarkan desa anda di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di laman www.jadesta.com/adwi2021 sampai 26 Juni 2021,” jelasnya.

ADWI 2021 merupakan salah satu program Kemenparekraf untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang terdampak oleh pandemi covid-19. ADWI 2021 mengangkat tema ‘Indonesia Bangkit’.

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan, dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Ada tujuh kategori penilaian dalam ajang penghargaan ini, yaitu penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainability) desa digital; suvenir (kuliner, fesyen, kriya); daya tarik wisata (alam, budaya, buatan); konten kreatif; homestay dan toilet.

Melalui kategori-kategori tersebut, diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/0k84o2dk-menparekraf-ajak-lebih-banyak-desa-wisata-ikut-ajang-adwi-2021

logo