Menparekraf: 34 Juta Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Perlu Dapat Prioritas Vaksin Covid-19

Siaran Pers : Menparekraf Dorong Pelaku Sektor Parekraf dapat Prioritas Vaksinasi
February 18, 2021
Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (18 Februari 2021)
February 18, 2021

Suaramerdeka.com / Red/ 18 Februari 2021, 08:12 WIB

JAKARTA, suaramerdeka.com –  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta pemerintah untuk turut memprioritaskan pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Kami di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif amat mengapresiasi 55 ribu pedagang di Tanah Abang yang memulai proses vaksinasi Covid-19 hari ini bersama Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,” ujar Sandiaga Uno, Rabu (17/2/2021).

Menurut Sandiaga Uno mereka yang berjualan di Pasar Tanah Abang adalah bagian dari pelaku ekonomi kreatif, para pedagang ini menjual produk fashion. Sebagaimana diketahui Pasar Tanah Abang merupakan salah satu pusat produk fashion terbesar di Asia Tenggara dan juga yang besar di Asia.

“Kami melihat Ini bentuk keberpihakan pemerintah terhadap pelaku ekonomi kreatif khususnya di bidang fashion. Namun ada 34 juta pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya yang menunggu prioritas dari pemerintah dan tentunya stakeholder di bidang kesehatan,” ungkap Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menjelaskan dampak pandemi Covid-19 terutama di sektor pariwisata kontraksinya amat dalam. Sehingga dengan hasil kunjungan serta rapat kerja Kemenparekraf bersama dengan Menko Perekonomian bahwa sektor pariwisata cukup membebani atau menarik ke bawah potensi pemulihan ekonomi Indonesia.

“Kami mengusulkan khususnya agar sektor pariwisata terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat sebagai bentuk dari pelayanan publik bisa diberikan prioritas, khusus nya di Bali dan di beberapa destinasi wisata unggulan lainnya,” tambah Sandiaga Uno.

Kemenparekraf melihat bahwa dengan PPKM Mikro yang mulai menunjukkan hasil positif merupakan sinyal baik bagi proses pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Baru saja saya mendapatkan pesan dari teman-teman di Komisi X DPR, salah satunya Ibu Reri Murdijad yang juga merupakan Wakil Ketua MPR dari Partai Nasdem yang mempertanyakan apakah bisa diusahakan. Dan jawaban saya adalah pekerja seni, para artis dan pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata lainnya juga meminta perhatian dari Bapak Presiden, maupun juga dari Menteri Kesehatan dan pemerintah daerah. Mereka adalah pekerja publik yang perlu mendapatkan prioritas,” tutur Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menegaskan pihaknya akan pastikan perjuangan Kemenparekraf mendorong agar mereka (34 juta  orang Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) bisa mendapatkan prioritas vaksinasi Covid-19.

“Kalau kita ingin perekonomian kita pulih seiring dengan langkah-langkah mengatasi Covid-19 tentunya harus dari dua sisi. Sisi pertama yaitu dengan bantuan sosial dan menggerakkan sektor konsumsi masyarakat maupun kebijakan-kebijakan yang mendongkrak pendapatan masyarakat. Juga harus diimbangi dengan penekanan pencegahan penularan virus Corona Covid-19 ini dengan 3M, 3T, dan juga Vaksinasi. Harapan kami ini bisa terealisasi dengan cepat,” tandas Sandiaga Uno.

Artikel Asli : https://www.suaramerdeka.com/news/ekonomi-dan-bisnis/255088-menparekraf-34-juta-pelaku-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-perlu-dapat-prioritas-vaksin-covid-19?page=all

logo