Mencicip Pizza Berbumbu Kearifan Lokal Batak di Danau Toba

Kemenparekraf Sosialisasikan Panduan MICE, Bangkitkan Pariwisata di Jateng
October 8, 2020
Kemenparekraf dukung inovasi tur virtual untuk promosikan pariwisata
October 8, 2020

Cnnindonesia.com / CNN Indonesia /08 Oktober 2020, 16:38 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara, wisatawan tak hanya bisa berwisata alam ke Danau Toba. Beragam kuliner khas Batak pun layak masuk daftar coba, terlebih karena salah satu suku terbesar di Indonesia ini memiliki bahan tradisional dalam pengolahan makanan.

Bumbu rempah itu dikenal sebagai andaliman, bentuknya bulat kecil bergerombol, seukuran buah lada. Andaliman merupakan bumbu andalan untuk masakan khas Batak Toba dan Medan, seperti Arsik, Nanimura, atau Mie Gomak. Konon, rempah ini tak bakal ditemukan di luar wilayah Sumatera Utara.

Di Geosite Sipinsur, wisatawan bisa menyantap pizza yang diolah memakai andaliman. Memadukan budaya luar negeri dengan kearifan lokal terbukti dapat memberi pengalaman baru saat berwisata kuliner #DiIndonesiaAja. Apalagi, ketika pizza itu dinikmati sambil memandang hamparan kecantikan Danau Toba.

Secara umum, pizza dibuat tak berbeda dari olahan tepung. Yang membedakan, saus yang dibuat sendiri dengan sentuhan andaliman, atau kerap disebut Merica Batak. Setelah saus diratakan, baru diletakkan topping pizza seperti keju dan sosis, kemudian dipanggang. Sebagai cocolan pendamping, Anda juga akan mendapat saus andaliman dan mayo yang juga buatan sendiri.

“Pedas.. Getir.. Rasa andaliman atau Merica Batak ini benar-benar pecah di lidah. Nempelnya (di lidah) lama,” kata Rizki Renaldi, salah seorang pengunjung kala mencicipi pizza andaliman.

Menurut Rizki, keunikan rasa lada pada pizza andaliman makin kuat jika dimakan dengan cocolan saus. Saat itu, ia memakan pizza dikolaborasikan minuman kopi susu andaliman.

“Pizza andaliman ini sangat cocok dan pas dikonsumsi di kawasan Danau Toba dengan cuaca yang dingin. Sambil memakan pizza yang pedas, akan menghangatkan tenggorokan, sambil ditemani pemandangan Danau Toba,” tutur Rizki.

Geosite Sipinsur sendiri terletak di Kabupaten Humbang Hasundutan pada ketinggian 1.213 meter di atas permukaan laut, sekitar 18 kilometer dari Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara. Udara di kawasan ini sejuk dan segar, ditunjang keberadaan hutan-hutan pinus berhias kicau burung.

Di daerah hutan pinus Geosite Sipinsur, wisatawan bisa berkemah. Pengelola juga telah menempatkan fasilitas taman bermain anak, dan saat ini tengah berupaya melengkapi berbagai fasilitas lain untuk pengujung. Keindahan alam yang masih murni menjadi keunggulan Geopark Sipinsur yang memiliki luas dua hektare ini.

Terlebih, Geosite Sipinsur terletak tak jauh dari sejumlah destinasi wisata #DiIndonesiaAja lainnya. Wisatawan di Sipinsur pun akan langsung berhadapan dengan pulau kedua di tengah Danau Toba yang lebih kecil, Pulau Sibandang. Pulau ini bisa dicapai dalam waktu 10-15 menit dari pelabuhan Muara, sekitar 30 menit perjalanan menuruni bukit dan jalan berkelok dari Geopark Sipinsur.

Artikel Asli : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201008155226-275-556054/mencicip-pizza-berbumbu-kearifan-lokal-batak-di-danau-toba

logo