Melihat Objek Wisata Lawang Sewu Semarang yang Mulai Buka Lagi

Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)
July 9, 2020
Siaran Pers : Menparekraf Dorong Penyelenggara Kegiatan Daring Libatkan Pekerja Seni dalam Mengemas Acara
July 9, 2020

Kumparan.com / Konten Redaksi kumparan / 9 Juli 2020,15:54 WIB

Objek wisata Museum Lawang Sewu Semarang yang sempat ditutup selama empat bulan karena pandemi COVID-19, sudah dibuka lagi, Kamis (9/7). Berdasarkan pantauan kumparan, ada beberapa penyesuaian di objek wisata tersebut.

Pembelian tiket masuk diupayakan dilakukan secara non-tunai untuk menghindari penularan virus corona melalui kontak langsung. Selain itu, pintu masuk ke area Lawang Sewu, yang awalnya berada di depan Tugu Muda kini ditukar dengan pintu menuju Jalan Pemuda yang awalnya merupakan akses keluar.

Selain itu, di setiap sudut disediakan fasilitas cuci tangan. Para petugas keamanan juga ditambah serta dilengkapi dengan face shield, masker, dan sarung tangan.

“Penempatan protokol kesehatan seperti cuci tangan air mengalir, hand sanitizer, dan tenant-tenant yang ada sudah penuhi protokol. Sehingga rencananya hari ini kami tandatangani rekomendasi,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Indriyasari alias Iin di lokasi, Kamis (9/7).

“Siapkan jaga jarak, lebih banyak outdoor, sehingga dari Lawang Sewu yang seharinya cukup banyak. Jika ada kerumunan, pihak Lawang Sewu akan lakukan pembatasan,” imbuhnya.

Selain Lawang Sewu, Iin mengatakan, sudah ada 134 tempat wisata dan hiburan lainnya yang mengajukan izin untuk dibuka kembali. Namun, saat ini, baru 53 lokasi saja yang izin operasinya sudah diteken.

“Hari ini kami berikan insyaAllah, akan ada 54 lokasi yang diizinkan. Rata-rata tempat hiburan. Kalau wisata baru beberapa. Lawang Sewu per hari ini, sudah bisa kegiatan operasional,” ungkap Iin.

Sementara itu, Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono memastikan protokol kesehatan diterapkan ketat untuk pengunjung maupun petugas Lawang Sewu. Selain itu, jumlah pengunjung juga akan dibatasi.

“Rata-rata kunjungan dalam satu waktu bisa mencapai 6 ribu orang, akan kami batasi sekitar 3 ribu. Kami akan tambah jumlah petugas untuk memastikan protokol kesehatan berjalan,” tutup Totok.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparannews/melihat-objek-wisata-lawang-sewu-semarang-yang-mulai-buka-lagi-1tlpt6RlOYY/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami