Masuk Fase Kedua, TN Komodo Dibuka untuk Wisnus dan Ekspat Mulai 15 Agustus

Siaran Pers : Kemenparekraf Dorong Penggunaan Alat Pembayaran Digital di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru 
August 10, 2020
Batik Air Laksanakan Safe Travel Campaign, Komitmen Terhadap Keamanan Penerbangan
August 10, 2020

Kumparan.com / Konten Redaksi kumparan / 10 Agustus 2020, 9:09 WIB

 

Setelah melewati pembukaan fase satu, Taman Nasional Komodo segera memasuki pembukaan tahap kedua untuk wisatawan.

Jika sebelumnya, TN Komodo hanya boleh dikunjungi oleh wisatawan dari Manggarai Barat saja, pada fase kedua wisatawan nusantara dan ekspatriat diperbolehkan untuk berkunjung mulai 15 Agustus 2020 mendatang.

“Pada fase kedua, semua warga negara Indonesia dari manapun kemudian ekspatriat dari seluruh Indonesia yang sudah ada sejak bulan Maret 2020 atau sebelumnya itu boleh masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo,” kata Staf Hubungan Masyarakat Balai Taman Nasional Komodo, Muhammad Ikbal Putera saat dihubungi kumparan pada Senin (10/8).

Ikbal juga menjelaskan, sebelumnya pada fase ke satu, TN Komodo hanya bisa dikunjungi wisatawan asal Manggarai Barat dan wisatawan asing yang memang sudah berada di Labuan Bajo sejak bulan maret atau sebelumnya.

Pada tahap kedua ini sejumlah simulasi baru dilakukan, seperti sistem booking online, pembatasan wisatawan dan lainnya. Adapun di fase pertama, TN Komodo baru dibuka untuk masyarakat NTT saja.

Sejalan dengan protokol terkait COVID-19, pihak TN Komodo juga memberlakukan pemesanan tiket dengan sistem online melalui registration.labuanbajoflores.id.

Selain itu ada beberapa situs atau objek wisata yang dibatasi atau diberi kuota. Contohnya seperti spot diving di Batu Bolong, Karang Makassar, Mauwan dan Siaba Besar. Di luar itu, tidak ada kuota khusus.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke TN Komodo, mereka juga wajib untuk melaksanakan protokol CHS (Clean, Health, and Safety) serta melampirkan surat keterangan bebas COVID-19 (Rapid Test atau PCR) yang berlaku pada waktu kunjungan.

 

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparantravel/masuk-fase-kedua-tn-komodo-dibuka-untuk-wisnus-dan-ekspat-mulai-15-agustus-1tyNm6ShA5C/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami