Mantap! Sudah 21 Juta UMKM RI Terdaftar di E-commerce

Tingkatkan Pariwisata, Menparekraf Dukung Penerbangan Langsung Denpasar-Padang
September 16, 2022
Kominfo Resmi Gelar Rangkaian Pelatihan Startup Studio Indonesia Batch 5
September 16, 2022

Medcom.id / Antara / 16 September 2022, 14:15 WIB

Padang: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan hingga saat ini sudah 21 juta UMKM di Tanah Air yang terdaftar di e-commerce atau perdagangan elektronik.

“Target dari Pak Presiden ada 30 juta UMKM yang terdaftar di e-commerce maka akan bisa menggerakkan ekonomi Indonesia 1,7 persen dan membuka dua juta lapangan kerja baru,” kata Sandiaga dalam penutupan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema UKM Bangkit UKM Tumbuh, dilansir Antara, Jumat, 16 September 2022.

Menurut dia, sebelum ada Gernas BBI baru delapan juta UMKM yang terdata di e-commerce. Kemudian terjadi penambahan 1,3 juta UMKM tambahan terdaftar di e-commerce pada tahun ini.

Ia menargetkan pada 2023 dari 30 juta pelaku UMKM di Tanah Air sebanyak 62 persen telah terdaftar di e-commerce. Pada sisi lain ia menyebutkan potensi transaksi pembelian dalam negeri ditargetkan Rp500 triliun dan tulang punggungnya ada pada UMKM.

“Jadi jangan hanya sebatas bangga dengan buatan Indonesia tapi mari membeli produk buatan Indonesia,” ajak Menparekraf Sandiaga Uno.

Artikel asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/xkEjXy7K-mantap-sudah-21-juta-umkm-ri-terdaftar-di-e-commerce

logo