Mantap! Produk Indonesia di Fashion Week Kian Diminati

Tingkatkan wisatawan, Pelabuhan Internasional Sekupang beroperasi lagi
October 14, 2022
Tampilkan 1.256 Karya, IN2MOTIONFEST 2022 Perkuat Brand Fesyen Lokal
October 14, 2022

Medcom.id/ Husen Miftahudin / 14 Oktober 202,  15:10  WIB

Jakarta: Industri mode Tanah Air kini semakin menunjukkan pengaruhnya sebagai subsektor ekonomi kreatif (ekraf). Saat ini banyak brand fesyen lokal yang mulai menggandeng pemerintah, sesama pelaku usaha, hingga e-commerce lokal dalam memamerkan kreasinya dan tampil dalam ajang fesyen bertaraf internasional, seperti Fashion Week.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk upaya mereka dalam memperluas pangsa pasar hingga ke mancanegara. Brand-brand produk lokal yang kini semakin menunjukkan eksistensinya pun kian beragam, mulai dari brand yang fokus pada produk pakaian, kecantikan, hingga produk aksesoris lainnya.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengatakan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) kini semakin membaik, ditunjukkan dengan semakin membaiknya utilisasi pada seluruh sektor dari hulu hingga hilir. Saat ini utilisasi mencapai 62,54 persen pada industri tekstil dan 79,09 persen pada industri pakaian jadi.

“Di tengah pandemi covid-19 sekalipun sektor pakaian jadi dapat pulih dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan sektor TPT lainnya. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan minat terhadap fesyen di berbagai negara di dunia. Hal ini jadi peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan Indonesia,” jelas Jemmy dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 14 Oktober 2022.

Jemmy menambahkan hal ini menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan Indonesia. Meski demikian, potensi industri di Indonesia masih perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk dari pihak swasta, tidak hanya dari pemerintah, agar memiliki daya saing yang semakin tinggi.

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Kriya, Desain, dan Fesyen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yuke Sri Rahayu menyampaikan ekonomi kreatif di Indonesia berpotensi menyumbang hingga 20 persen terhadap ekonomi kreatif global, dimana fesyen, kuliner, dan kriya menjadi penyumbang terbesar.

Dukungan swasta

Berbicara mengenai potensi menjangkau pasar internasional bagi brand, belum lama ini sejumlah brand Tanah Air pun kembali menjadi sorotan setelah menjadi peserta perhelatan fesyen kelas dunia yakni Fashion Week yang diadakan di New York, Paris, dan London.

Melalui perhelatan tersebut, Tokopedia pun turut memberikan dukungannya. Produk yang diperkenalkan oleh brand-brand Tanah Air ini pun nanti akan dijual secara eksklusif di platform Tokopedia.

“Tokopedia terus berkomitmen untuk membantu pegiat usaha di Indonesia memulai dan membangun bisnis lewat kanal digital agar bisa terus maju dan berkembang bahkan setara dengan brand kelas dunia. Melalui seluruh ajang ini, Tokopedia berharap bisa terus mendukung para pegiat usaha lokal untuk menciptakan peluang, sekaligus memajukan ekonomi kreatif bangsa,” ujar External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz.

Jewel Rocks, menjadi salah satu merek yang sempat terpilih untuk memamerkan dan menjual koleksi mereka di salah satu pagelaran pekan mode terbesar di dunia, Paris Fashion Week 2022. Tahun ini, di Paris Fashion Week 2023, Jewel Rocks kembali hadir menjadi salah satu dari lima brand lokal yang mendapatkan undangan dari L’Adresse Paris Agency.

Selain itu, ternyata masih banyak lagi brand lokal yang turut meramaikan acara Fashion Week. Antara lain, Heaven Lights yang mengikuti acara New York Fashion Week 2023, Erigo yang menghadiri New York Fashion Week 2023, serta Wearing Klamby yang menghadiri London Fashion Week 2023.

“Berangkatnya brand-brand Tanah Air ini tentunya juga diharapkan dapat memperkenalkan produk lokal buatan Indonesia, mulai dari produk kecantikan hingga fesyen, ke pasar internasional, sehingga produk buatan Indonesia pun diharapkan dapat dikenal berkembang di pasar global,” tutup Rizky.

Artikel asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/MkMP5VOb-mantap-produk-indonesia-di-fashion-week-kian-diminati

logo