Manfaat G20 bagi Indonesia, Mengenalkan Pariwisata di Kancah Internasional

Genjot Wisatawan, Surabaya Kembangkan Konsep Sport Tourism dan Siapkan Event Nasional
March 14, 2022
MotoGP 2022 Jadi Ruang Pamer Promosikan Kuliner Indonesia
March 14, 2022

Kumparan.com / Konten dari Pengguna/14 Maret 2022, 11:16 WIB

Indonesia saat ini sedang disorot dunia karena menjadi Presidensi Group of Twenty. Dengan menjadi tuan rumah, banyak sekali manfaat  bagi Indonesia dalam berbagai sektor khususnya pemulihan ekonomi dan pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Presidensi G20 menjadi kesempatan pertama kali bagi Indonesia sebagai negara berkembang menjadi tuan rumah G20. Mengutip buku Kamus Hubungan Internasional dan Hubungan Diplomasi karya Khasan Ashari (2020), awalnya G20 dibentuk sebagai forum komunikasi untuk merespons krisis  global yang terjadi pada akhir 1900-an.

Manfaat kegiatan ini sangat banyak untuk Indonesia ketika menjadi Presidensi G20. Salah satunya yakni dapat memperkenalkan pariwisata dan produk lokal unggulan kepada kancah internasional.

Forum G20 dinilai sebagai momentum yang tepat bagi Indonesia untuk meningkatkan ekonomi nasional, di mana ajang tersebut menjadi wadah perkumpulan delegasi dari berbagai negara. Ini juga merupakan kesempatan baik untuk bersaing secara global.

Untuk memahami kegiatan tersebut lebih lanjut, berikut penjelasan seputar Presidensi Indonesia di G20 bagi perekonomian Indonesia di berbagai sektor, baik ekonomi maupun .

Manfaat G20 untuk Indonesia di Berbagai Sektor

Dikutip dari laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, berikut beberapa manfaat  yang didapat Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi:

  • Meningkatkan ekonomi: Peningkatan konsumsi domestik meningkat hingga Rp1,7 triliun dan menciptakan kontribusi Rp7,4 triliun pada PDB Indonesia.
  • Membuka lapangan kerja: Acara G20 akan melibatkan UMKM, menyerap 33.000 tenaga kerja, dan menciptakan sekitar 700 ribu lapangan kerja baru.
  • Mempromosikan Indonesia: Penyelenggaraan forum G20 diprediksi akan meningkatkan wisatawan mancanegara 1,8 juta-3,6 juta.
  • Peran strategis: Indonesia akan berperan dalam mendesain kebijakan pemulihan ekonomi dunia yang berdampak positif pada ekonomi Indonesia.

Manfaat G20 bagi Indonesia

Melansir laman bi.go.id, berikut ini berbagai manfaat G20 untuk Indonesia.

  • Presidensi G20 di tengah pandemi membuktikan persepsi yang baik atas resiliensi ekonomi Indonesia terhadap krisis.
  • Merupakan bentuk pengakuan atas status Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia, yang juga dapat merepresentasikan negara berkembang lainnya.
  • Momentum presidensi ini hanya terjadi satu kali setiap generasi (+ 20 tahun sekali) dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memberi nilai tambah bagi pemulihan Indonesia, baik dari sisi aktivitas ekonomi maupun kepercayaan masyarakat domestik dan internasional.
  • Indonesia dapat mengorkestrasi agenda pembahasan pada G20 agar mendukung dan berdampak positif dalam pemulihan aktivitas perekonomian Indonesia.
  • Menjadi kesempatan menunjukkan kepemimpinan Indonesia di kancah internasional, khususnya dalam pemulihan ekonomi global. Dari perspektif regional, Presidensi ini menegaskan kepemimpinan Indonesia dalam bidang diplomasi internasional dan ekonomi di kawasan, mengingat Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang menjadi anggota G20.
  • Membuat Indonesia menjadi salah satu fokus perhatian dunia, khususnya bagi para pelaku ekonomi dan keuangan. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan (showcasing) berbagai kemajuan yang telah dicapai Indonesia kepada dunia, dan menjadi titik awal pemulihan keyakinan pelaku ekonomi pascapandemi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
  • Pertemuan-pertemuan G20 di Indonesia juga menjadi sarana untuk memperkenalkan pariwisata dan produk unggulan Indonesia kepada dunia internasional, sehingga diharapkan dapat turut menggerakkan ekonomi Indonesia.

Artikel asli : https://kumparan.com/berita-bisnis/manfaat-g20-bagi-indonesia-mengenalkan-pariwisata-di-kancah-internasional-1xf8QuIyd8l/full

logo