Ludruk Kekinian untuk Donasi Pekerja Seni Sukses Digelar

Siaran Pers : Kemenparekraf Dorong Labuan Bajo Jadi Pintu Gerbang Pariwisata NTT
August 31, 2020
Ajak Wisatawan untuk Traveling Lagi, PHRI dan INACA Siapkan Paket Wisata Menarik
August 31, 2020

Medcom.Id / Dhaifurrakhman Abas / 31 Agustus 2020, 08:00   WIB

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, mendukung pentas virtual bertajuk Ludruk dengan lakon Dukun Tiban yang digagas Mitra Seni Indonesia (MSI). Sebab ini merupakan bentuk pelestarian seni budaya.

“Pelestarian seni budaya bangsa yang dilakukan MSI adalah upaya yang harus kita dukung,” kata Wishnutama dalam pembukaan Ludruk dengan lakon Dukun Tiban, yang disiarkan di kanal YouTube Mitra Seni Indonesia, Minggu 30 Agustus 2020.

Terkhusus, lakon Ludruk Dukun Tiban yang dibawakan MSI dijalankan dengan konsep kekinian. Hal ini baik karena mampu menjadi regenerasi seni dan budaya Ludruk sesuai perkembangan zaman.

“Melestarikan seni budaya saja tentu tidak cukup. Tetapi harus disertai kreatifitas untuk mengembangkan seni budaya agar mampu sesuai prkembangan jaman dan lebih diminati penontonnya,” ucap Wishnutama.

Dalam acara pembukaan tersebut Wishnutama mengajak masyarakat bangag dengan seni budaya bangsa Indonesia termasuk Ludruk. Dalam hal ini, Ludruk merupakan salah satu kesenian drama tradisional dari Jawa Timur.

“Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia bangga dengan budaya dan karya Indonesia, termasuk Ludruk hasil karya Indonesia,” terangnya.

Adapun Ludruk dengan lakon Dukun Tiban dibuka dengan penampilan Tarian Remo yang dikolaborasikan dengan flash mob penari muda dari Komunitas Seni Pada Mara. Tarian tersebut mencampurkan aliran tradisional dan modern sambil diiringi alat musik Gamelan (Glimen).

Musisi Tiara Andini turut serta dalam Ludruk lakon Dukun Tiban. Dia menyanyikan sebuah lagu secara medley dan dilanjutkan dengan Ngidung oleh pemain ludruk perempuan muda berbakat Proborini dari Surabaya.

Tak hanya bernyanyi, Tiara juga menunjukkan bakat aktingnya dengan ikut serta bermain dalam skenario Ludruk dengan lakon Dukun Tiban. Dia akan beradu akting dengan para pemain utamanya yaitu seniman Ludruk muda Proborini, Rina Listy dan pemain ludruk senior Ribut Kenedy yang sekaligus berperan sebagai sutradara. Ludruk Dukun Tiban turut dimainkan oleh Komedian ternama Cak Lontong, pemain ludruk legendaris Cak Kirun serta tiga komedian senior Komat, Derry dan Eman.

Acara ini digelar sebagai perayaan ulang tahun MSI yang ke-13 dan merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Selain itu, lewat Ludruk Kekinian, MSI juga menggalang donasi bagi para seniman terdampak pandemi covid-19. Sejauh ini sudah terkumpul Rp81.307.226, donasi masih bisa dilakukan sampai Oktober 2020. Donasi dapat disalurkan melalui situs benihbaik.com atau klik di sini.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/hiburan/film/4KZRlyrK-ludruk-kekinian-untuk-donasi-pekerja-seni-sukses-digelar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami