Liburan di Pulau Komodo-Padar per 1 Agustus Wajib Pakai Aplikasi, Begini Caranya

8 Desain Kemasan Kopi Unik Karya Seniman NFT untuk Peringati HUT ke-77 RI
July 29, 2022
Jakarta Barat berupaya tingkatkan minat masyarakat ikut Jakpreneur
July 29, 2022

Kumparan.com /kumparanTRAVEL/ 29 Juli 2022, 16:18 WIB

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) secara resmi menetapkan tiket masuk bagi wisatawan lokal, maupun mancanegara yang berkunjung ke Pulau Komodo dan Pulau Padar, Kabupaten Manggarai Barat, sebesar Rp 3,75 juta per orang selama setahun. Selain menetapkan tarif baru, wisatawan yang hendak liburan ke Taman Nasional Komodo juga wajib menggunakan aplikasi satu pintu yang dikembangkan oleh Pemprov NTT.

Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi di Taman Nasional Komodo, Carolina Noge, mengatakan bahwa wisatawan harus mendaftarkan diri melalui aplikasi INISA untuk bisa mengunjungi Pulau Komodo, Pulau Padar, dan perairan sekitarnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sony Libing (tengah) dan Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi di Taman Nasional Komodo, Carolina Noge (kanan) saat Konferensi Pers Taman Nasional Komodo: Peluncuran Sist Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan

“Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT, jadi ini adalah aplikasi yang di dalamnya terdapat berbagai macam program-program dan layanan publik yang dapat diakses oleh wisatawan, terutama masyarakat NTT,” kata Carolina, saat ditemui kumparan dalam acara konferensi pers Taman Nasional Komodo: Peluncuran Sistem Wildlife Komodo, di Local Collection Hotel Labuan Bajo, Jumat (29/7).

Aplikasi INISA merupakan platform digital untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses beragam layanan publik di NTT.

“Jadi, keunggulannya adalah semua yang ada di dalam aplikasi INISA ini diproyeksikan sebagai NTT. Jadi, kalau mau tahu apa saja tentang NTT, mau datang ke Nusa Tenggara Timur, mau cek hotel, cek pesawat, cek transportasi, kemudian sewa mobil, destinasi-destinasi itu bisa dicek di aplikasi INISA,” imbuhnya.

Selain memudahkan wisatawan yang hendak liburan ke Taman Nasional Komodo, INISA merupakan aplikasi juga berfungsi sebagai aplikasi pembayaran yang bisa digunakan wisatawan selama berwisata di NTT.

“INISA itu kan (artinya) Ini Saja. Jadi kalau mau pesan apa saja di NTT pakai INISA. Mau bayar apa-apa jadi pakai INISA. Jadi ada local wisdom juga di situ,” ungkap Caroline.

Tak hanya itu, layanan INISA juga terdiri dari berbagai macam fitur, mulai dari pembayaran digital, tagihan, pajak, hingga PeduliLindungi.

Aplikasi yang Hanya Digunakan di Pulau Komodo hingga Pulau Padar

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sony Libing, menjelaskan bahwa aplikasi ini hanya ditujukan bagi wisatawan yang hendak berlibur di Pulau Komodo, Padar, dan perairan sekitarnya.

Bagi mereka yang ingin berwisata di Pulau Rinca dan sekitarnya, tidak perlu menggunakan aplikasi tersebut.

“Kalau dia ke Rinca tidak pakai aplikasi. Ini, kan, hanya pergi ke Padar, ke Komodo, dan perairan sekitarnya. Itu saja yang menggunakan sistem,” ujar Sonny.

Berikut panduan menggunakan aplikasi INISA untuk liburan di Taman Nasional Komodo.

  1. Download dan buka aplikasi INISA melalui PlayStore ataupun AppStore
  2. Kemudian lakukan verifikasi menggunakan aplikasi OTP
  3. Isi data dirimu, dan lakukan verifikasi akun melalui email
  4. Setelah verifikasi, tap menu Wildlife Komodo untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo
  5. Tap “Register to Contribute” untuk memberikan kontribusi reservasi
  6. Setelah berkontribusi, kamu akan mendapatkan akses ke Pulau Padar, Pulau Komodo, serta perairan di sekitarnya selama satu tahun dan kamu juga bisa mendapatkan berbagai fasilitas eksklusif
  7. Pilih “Contributor Package” dan tap “Select Contribution”
  8. Masukkan identitas dirimu dan teman atau keluarga yang turut berkontribusi
  9. Kemudian lakukan pembayaran dengan metode pilihanmu
  10. INISA akan mengirim kode aktivasi kontributor
  11. Tap menu reservasi untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan kunjunganmu
  12. Tap menu “Lounge” untuk berbagai layanan, menu “Shuttle” untuk memesan moda transportasi, dan menu “Activity” untuk memilih kegiatan selama kunjungan.
  13. Cek kembali reservasi dan rencana perjalananmu dengan tap menu Itinerary
  14. Reservasi berhasil, klik open untuk membuka QR Code. Dengan QR Code ini, kamu bisa mengakses semua fasilitas dan kegiatan selama perjalananmu di Taman Nasional Komodo.

Artikel asli : https://kumparan.com/kumparantravel/liburan-di-pulau-komodo-padar-per-1-agustus-wajib-pakai-aplikasi-begini-caranya-1yYd1iDs12g/full

logo