Libur Paskah, Objek Wisata di Lereng Merapi Diserbu Pengunjung

Siaran Pers : Kemenparekraf Ajak Berbagai Pihak Bahas Konservasi Air di Desa Wisata Munduk Bali
April 4, 2021
Gaungkan Konsep Sustainable di Surabaya, MUFFEST 2021 Gandeng 23 Desainer Jawa Timur
April 4, 2021

Suaramerdeka.com /Amelia Hapsari/ 5 April 2021, 14:10 WIB

SLEMAN, suaramerdeka.com – Libur tiga hari bertepatan perayaan Paskah pada Jumat, 2 April 2021 hingga Minggu, 4 April 2021 memberi angin segar bagi sektor pariwisata di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sejumlah destinasi di Sleman melaporkan adanya kenaikan jumlah kunjungan.

Salah satu yang mencolok adalah data kunjungan di objek wisata Kaliadem, dan Kaliurang. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi yang berada di lereng Merapi itu melonjak hingga 10 kali lipat dibanding pekan sebelumnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Suci Iriani Sinuraya mengatakan, berdasar laporan yang masuk, tingkat kunjungan di kawasan Kaliurang selama libur Paskah mencapai 4.355 orang. Jauh meningkat dibanding periode 26-28 Maret 2021 yang hanya mencatatkan 386 pengunjung.

“Kunjungan di objek Kaliadem juga mengalami peningkatan dari 437 menjadi 4.442 wisatawan,” kata Suci, Senin, 5 April 2021.

Tingkat kunjungan ke objek Gardu Pandang Kaliurang juga dilaporkan meningkat meskipun tipis dari 484 menjadi 559 pengunjung. Beberapa destinasi lain eperti Candi Ijo dan Candi Sambisari juga mengalami sedikit peningkatan. Untuk Candi Ijo sebanyak 294 pengunjung, dan Candi Sambisari 483 pengunjung. Sedangkan kunjungan pada minggu sebelumnya, untuk Candi Ijo sebanyak 216 orang dan Candi Sambisari 365 wisatawan.

“Pengelola destinasi sudah siap menyambut kunjungan wisatawan. Hasil pantauan kami, secara umum prokes di tempat wisata sudah dilaksanakan dengan baik,” ucapnya.

Sampai saat ini aturan pembatasan kapasitas 50 persen pengunjung di tempat wisata alam masih berlaku. Disamping itu, pengelola dilarang menyelenggarakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan pada destinasi wisata. Jam operasional juga dibatasi sampai pukul 21.00 WIB.

Di lain sisi, sejak tanggal 1 April 2021, Pemkab Sleman telah memberlakukan penyesuaian tarif retribusi berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 1.5 Tahun 2021. “Penarikan retribusi tempat rekreasi juga sudah menerapkan e-ticketing yaitu untuk kawasan Kaliurang, Kaliadem, Candi Ijo, Sambisari, dan Banyunibo,” imbuh Suci.

Penggunaan e-ticketing ini diharapkan dapat memudahkan petugas dalam menarik retribusi, dan menyampaikan laporan lebih tepat dan real time. Selain itu menghemat penggunaan kertas.

Artikel Asli : https://www.suaramerdeka.com/regional/kedu/259711-libur-paskah-objek-wisata-di-lereng-merapi-diserbu-pengunjung?page=all

logo
Hubungi Kami