Libur Lebaran, Tempat Wisata Tetap Harus Jaga Prokes dan CHSE

Revenge Travel, Balas Dendam Turis Usai Terkurung Pandemi COVID-19
April 27, 2022
BPODT Hadirkan Designer Niluh Djelantik Kuatkan Pelaku UMKM di Kawasan Danau Toba
April 27, 2022

Inews.id/ Siska Permata Sari / 27 April 2022 , 10:41 WIB

JAKARTA, iNews.id – Memasuki libur Lebaran, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mengimbau pengelola tempat  wisata menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung sesuai protokol kesehatan (prokes). Di mana pada Lebaran tahun ini diperkirakan banyak masyarakat yang berlibur.

“Kesiapan lokasi wisata disesuaikan dengan level PPKM (pembelakuan pembatasan kegiatan masyarakat) dengan standar prokes dan CHSE (cleanliness, health, safety, environment sustainability) di tempat wisata,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Menyikapi itu, sebagai salah satu lokasi wisata keluarga di masa PPKM ini Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) menjaga protokol kesehatan dengan ketat, serta membatasi kapasitas pengunjung 75 persen.

“Jakarta Aquarium and Safari mendukung kebijakan pemerintah. Sebagai sebuah Lembaga Konservasi, kami tetap melaksanakan tugas kami menjaga satwa-satwa secara maksimal. Penerapan protokol kesehatan juga dilakukan secara ketat,” ujar Head of Social, Branding and Communication JAQS, Fira Basuki dalam keterangannya dilansir Rabu (27/4/2022).

Dia menuturkan, sesuai imbauan pemerintah seluruh karyawan JAQS sudah divaksin komplet dan booster. Seluruh karyawan yang bertugas dipastikan sehat dan bebas Covid-19.

“Kami menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk masuk ke JAQS dalam upaya pemantauan pengunjung kami. JAQS juga sudah lulus CHSE dan sudah menerima sertifikatnya. Memang, keamanan dan kenyamanaan pengunjung adalah prioritas kami,” katanya.

Fira Basuki menuturkan pada libur Lebaran 2022 pihaknya menyiapkan lima tema, yaitu Marrakesh Tunnel, Underwater Bedug, Human Wrecking Ball STRIKE! Berayun di atas Wrecking Ball, Face Painting, dan aksi putri duyung. Di sampin itu, terdapat pula parade penguin.

“Banyak aktivitas lain yang bisa dinikmati dengan melihat sekitar 3.500 spesies satwa akuatik dan non-akuatik, terutama hewan endemik khas Indonesia, seperti Tupai Tiga Warna, Binturong, Kura-Kura Leher Panjang, dan Kura-Kura Kepala Semangka yang di ambang kepunahan,” ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah memberikan pelonggaran pada Lebaran 2022. Meski demikian, untuk mengantisipasi pandemi Covid-19 kembali naik, masyarakat selain harus sudah vaksin booster juga diimbau tetap menjaga prokes pada momen libur Lebaran ini.

Editor : Dani M Dahwilani

Artikel asli : https://www.inews.id/travel/destinasi/libur-lebaran-tempat-wisata-tetap-harus-jaga-prokes-dan-chse/all

logo