Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Restoran/Rumah Makan
July 13, 2020
New Normal di Bali, LinkAja Sediakan Pembayaran Digital di Pantai Pandawa
July 13, 2020

Medcom.Id/ Ahmad Mustaqim / 13 Juli 2020, 13:11 WIB

 

Yogyakarta: PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, berencana menambah kuota kunjungan turis ke wisata Candi Borobudur dan Prambanan. Hal itu akan diterapkan bertahap.

“Kita bertahap menaikkan jumlah kunjungan wisatanya. Semua pengunjung dicatat. Kita punya datanya, siapa, dari mana daerah asalnya,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono, Senin, 13 Juli 2020.

Menurut dia, pembukaan wisata di Candi Borobudur dan Candi Prambanan mendapat respons baik dari publik. Sebelumnya, wisata ke candi dibatasi hanya untuk 1.500 turis per hari sejak dibuka kembali pada 25 Juni.

“Dua candi ini dibuka, hanya tahapannya masih uji coba. Animo pengunjung bagus karena jam 14.00 WIB kuota sudah tercapai. Pintu ditutup, tidak ada penjualan tiket, wisatawan tetap di dalam sampai akan ditutup,” kata dia.

Edy mengaku belum mengizinkan kunjungan 50 persen dari kuota maksimal yakni 11 ribu orang per hari. Pihaknya mengaku masih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

“Untuk sementara kuotanya kita ambil 10-15 persen. Jadi selama masa uji coba harus sangat ketat sekali agar protokol bisa kita jalankan,” ungkapnya.

Edy menambahkan kuota turis akan ditingkatkan hingga 3.000 wisatawan per hari. “(Nanti) kita evaluasi lagi apa yang telah kita kerjakan. Kalau kondusif kita naikkan lagi hingga 5.000. Hari-hari terakhir kuotanya sudah lebih,” ujarnya.

Wakil Sekretariat Gugus Tugas Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19, Biwara Yuswantana, mengatakan selama uji coba pembukaan objek wisata, belum ditemukan turis dengan dugaan terjangkit covid-19.

“Uji coba ini dimanfaatkan untuk kesiapan dan pembatasan dilakukan dengan ketat. Kunjungan wisatawan dominan masih domestik, ditambah dari luar kota,” ungkapya.

 

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/4bamj3Zb-kuota-turis-ke-borobudur-akan-ditambah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami