189 Ribu Pekerja Sektor Parekraf Terdampak COVID-19 Diusulkan Dapat Kartu Prakerja
April 13, 2020
5 Situs Traveling Virtual Solusi di Tengah Pandemi Corona
April 13, 2020

Medcom.Id/ Rhobi Shani / 13 April 2020, 12:46 WIB

Jepara: Pandemi virus korona covid-19 menjadi berkah bagi perajin gerabah di Desa Mayong Lor, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Padasan jadi barang yang banyak dicari orang untuk tempat air cuci tangan.

“Pesanan naik seratus persen lebih. Barangnya (padasan) kosong semua. Biasanya (pesanan) paling hanya puluhan ini bisa sampai dua ratus lebih. Ini karena ada korona (padasan) untuk cuci tangan,” kata salah satu perajin gerabah di Desa Mayong Lor, Senin, 13 April 2020.

Desa Mayong Lor merupakan desa sentra pembuatan gerabah di tanah kelahiran RA Kartini. Gerabah adalah alat dapur yang dibuat dari tanah liat yang dibakar. Alat dapur yang banyak diproduksi di desa ini di antaranya, tungku, gentong, buyung, kendi, dan padasan. Padasan yang dibuat Sukanto beragam ukuran dan motif. Harga padasan mulai Rp75 ribu hingga ratusan ribu. Semakin besar dan rumit motif yang dibuat, harga padasan tentu semakin mahal.

“Yang polos kecil satunya Rp75 ribu, itu sudah termasuk tutupnya. Kalau dibandingkan dengan daerah lain memang lebih mahal karena kualitasnya lebih bagus. Tanahnya lebih tebal jadi tidak mudah pecah,” jelas Sukanto.

Pemesan padasan Sukanto tidak hanya warga Kota Ukir. Banyak warga daerah luar Jepara, seperti Kudus, Demak, dan Semarang memesan padasan. Sebagain besar pemesan adalah penjual gerabah.

“Yang datang keseni mau beli juga banyak. Tapi ya, itu barangnya tidak ada karena sudah pesanan orang semua,” ungkap Sukanto.

Hal yang sama juga diungkapkan perajin gerabah lainnya, Kasturi. Sejak dua minggu terakhir dia sering membuat kecewa calon pembeli. Pasalnya, stok padasan habis. Sementara padasan yang saat ini dikerjakan sudah dipesan orang.

“Sudah dua minggu ini kosong. Banyak yang cari tapi kosong tidak ada,” kata Kasturi.

Artikel Asli: https://www.medcom.id/nasional/daerah/ObzMApZN-korona-membawa-berkah-bagi-perajin-gerabah

logo
Hubungi Kami