Kominfo Resmi Gelar Rangkaian Pelatihan Startup Studio Indonesia Batch 5

Mantap! Sudah 21 Juta UMKM RI Terdaftar di E-commerce
September 16, 2022
Kementerian PUPR bangun 20 sarana hunian wisata KEK Tanjung Kelayang
September 19, 2022

Medcom.id /  Kuncorojati /16 September 2022, 15:25  WIB

Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memulai rangkaian program program inkubasi intensif Startup Studio Indonesia Batch ke-5 dengan 15 startup yang telah melalui seleksi ketat sejak bulan Juni 2022.

Startup Studio Indonesia (SSI) merupakan program Kominfo yang bertujuan untuk mendampingi startup tahap awal (early-stage) agar siap untuk #GoTheExtraMiles melalui penguatan produk, model bisnis, serta pengembangan retensi pengguna agar bisa menemukan product-market fit.

“Sejak diluncurkan tahun 2020, antusiasme ekosistem digital terhadap program SSI terus meningkat, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dibandingkan batch sebelumnya, kami melihat bahwa ribuan startup pendaftar di Batch 5 semakin beragam, mulai dari model bisnis, sektor operasional, hingga lokasinya,” kata Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto.

“Misalnya, para pendaftar di wilayah luar Jakarta & Jawa meningkat, dan ada juga startup yang fokus pada industri Pariwisata dan Hospitality, dua industri yang jarang ditemui selama 2 tahun terakhir,” jelasnya.

Startup yang berhasil melalui proses seleksi ketat pada Batch 5 ini adalah Alterstay (platform ekosistem akomodasi alternatif), Automa (platform rantai pasok berkelanjutan), Bioma (marketplace sewa peralatan elektronik), dan Broom (platform ekosistem digital jual-beli kendaraan).

Kemudian ada FazPass (CitCall) (solusi omnichannel untuk verifikasi), DotX (platform koperasi kredit untuk karyawan), Eduku (platform edutech), Eratani (platform agritech penyedia solusi end-to-end bagi petani), dan Kanva (e-commerce produk lokal untuk kebutuhan dekorasi rumah).

Sisanya yaitu Metion (solusi rantai pasok daging lokal), MyRobin.id (platform outsourcing penyalur tenaga kerja keseharian on-demand), MySkill (platform persiapan karir dan pengembangan skill), Nona Woman (platform kesehatan perempuan khusus untuk para nona Indonesia), Shafiq (platform investasi syariah secara urun dana), dan Tripwe (marketplace aktivitas petualangan wisata).

Kominfo mengklaim di tahun ini peranan SSI sebagai program inkubasi kian penting, terutama karena startup tahap awal perlu mendapatkan akses dan bimbingan untuk bisa memanfaatkan momen kebangkitan ekonomi pasca-pandemi.

Tantangannya adalah belum semua startup bisa mempertahankan skala pertumbuhan selama pandemi ini, misalnya karena faktor internal misalnya kekuatan SDM, daya saing, PMF dan eksternal  seperti iklim perekonomian global.

15 startup terpilih akan mengikuti sesi Founder’s Camp dan 1-on-1 Coaching terkait dengan product-market-fit di bulan September-Desember 2022. Rangkaian program Startup Studio Indonesia Batch 5 kemudian akan ditutup dengan acara puncak Milestone Day.

Di acara puncak, startup berkesempatan memaparkan model bisnis dan pencapaiannya di depan para stakeholders industri startup. Diluncurkan pertama kali pada September 2020, melalui program Startup Studio Indonesia (SSI), Kominfo menargetkan untuk mencetak 150 startup digital pada 2024.

Artikel asli : https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/PNgw6Y0N-kominfo-resmi-gelar-rangkaian-pelatihan-startup-studio-indonesia-batch-5

logo