Kick Off Sambanggo 2022, Dinas Pariwisata Kenalkan Destinasi Watu Lempeng

Menparekraf Sandi Pantau Kesiapan Travel Bubble di Batam dan Bintan
January 21, 2022
Digitalisasi dorong investasi dan eksposur pariwisata di daerah
January 21, 2022

iNews.id /  Kuntadi  / 21 Januari 2022,  14:32 WIB

iNews.id – Dinas Pariwisata Kulonprogo menggelar Kick Off Sambang Kulonprogo (Sambanggo) 2022 di objek wisata  Watu Lempeng yang berada di Kalurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan, Jumat (21/1/2022). Pengembangan destinasi wisata yang dikembangkan masyarakat ini didukung dengan dana keistimewaan DIY.  Menurut Joko, pengembangan objek wisata Watu Lempeng ini diinisiasi, dikembangkan dan dikelola masyarakat sekitar. Warga membentuk pokdarwis untuk mengembangkan destinasi ini dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.    “Program sambanggo esensinya adalah mendukung terciptanya ekosistem wisata yang sustainable di sejumlah kalurahan yang ada di Kulonprogo,” katanya.

Keberadaan objek wisata ini,  dinilai berpotensi mengundang kunjungan wisatawan dan membutuhkan sejumlah perbaikan maupun penambahan infrastruktur. Hal ini menjadi perhatian dari Dinpar Kulonprogo untuk ikut memfasilitasi sejumlah objek wisata yang dikelola oleh masyarakat.  “Sambanggo ini bersumber dari dana keistimewaan, sehingga upaya mendukung terciptanya objek wisata yang berkelanjutan sangat dimungkinkan,” ujarnya.

Program Sambanggo tahun ini akan menyasar 10 destinasi wisata, sama dengan yang dilakukan pada 2021. Dinas ingin memantik  sektor wisata di daerah sebagai pengunghkit kegiatan ekonomi. Harapannya ketika pariwisata berjalan, maka sektor lainnya seperti perdagangan, perindustrian, dan UMKM bisa mengikutinya.  “Akhirnya masyarakat bisa berdaya dan mampu mampu meningkatkan perekonomian lokal,” ujar Joko.

Objek wisata watu lempeng terletak di perbatasan kapanewon Nanggulan dan Pengasih. Destinasi ini menawarkan keindahan alam di tepi Sungai Serang, Sejumlah watu lempeng imbas sedimentasi sungai membuat organmen yang unik di bibir sungai. Warga sudah mendirikan beberapa gazebo yang bisa dinikmati wistawan untuk bersnatai.  “Objek wisata ini sempat viral dan dikenal, tetapi sejak pandemi Covid-19 mati suri,” ujarnya.   Objek wisata ini banyak diminati para gowes pada pagi atau sore hari. Apalagi di tempat ini juga disajikan kuliner lokal berupa gebleg.  “Kami berharap dukungan ini bisa meningkatkan ekonomi warga,” katanya.

Sumber asli : https://yogya.inews.id/berita/kick-off-sambanggo-2022-dinas-pariwisata-kenalkan-destinasi-watu-lempeng

logo