Keunikan Promosi Wisata Tanah Laut lewat Cinematic Video Competition

Siaran Pers : Kemenparekraf Apresiasi Promosi Wisata Tanah Laut Melalui Cinematic Video Competition
October 21, 2020
Komunitas Film Gunakan Desa Wisata sebagai Lokasi Syuting untuk Promosi
October 21, 2020

Inews.id/Vien Dimyati/Diterbitkan 21 Oktober 2020, pukul 15.40 WIB

JAKARTA, iNews.id – Ada banyak cara mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Salah satunya melalui Cinematic Video Competition 2020’.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung serta mengapresiasi penyelenggaraan ‘Cinematic Video Competition 2020’ sebagai salah satu upaya mempromosikan pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Cinematic Video Competition 2020 adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, yang bertujuan menggali dan menciptakan kreativitas generasi muda di masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Pariwisata Dunia Tahun 2020.

Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan mengatakan, kegiatan tersebut dapat menjadi ajang promosi destinasi wisata unggulan sehingga citra pariwisata di Tanah Laut bisa meningkat.

“Selamat untuk para juara Cinematic Video Competition 2020, kami sangat mengapresiasi langkah Dinas Pariwisata untuk mempromosikan destinasi terbaik di Tanah Laut. Walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19 ini kita harus tetap kreatif. Semoga citra pariwisata Kabupaten Tanah Laut dapat meningkat melalui adanya lomba ini,” ujar Wawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Ismail Fahmi, dalam keterangannya, Selasa (20/10/2020), mengatakan, salah satu persyaratan mengikuti lomba adalah harus mengambil gambar objek-objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

“Lomba ini mempromosikan potensi pariwisata maka dari itu salah satu persyaratan lokasi pengambilan video adalah objek-objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Laut,” ujar Ismail Fahmi.

Cinematic Video Competition 2020 telah berlangsung pada 5 hingga 20 September 2020. Terdapat 102 video peserta yang telah diunggah di akun instagram @wisata.tanahlaut.

Karya para peserta ini dinilai oleh dewan juri yang terdiri Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Ismail Fahmi; Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Syahmadi; Kepala Bidang Pemasaran & Promosi Kabupaten Tanah Laut, Leni Indrawati; Kepala Bidang Destinasi Kabupaten Tanah Laut, Riva Maharina; serta Tim Kreatif, Aditya, untuk memilih 10 nominasi terbaik.

Dalam kriteria penilaian, dewan juri menentukan bobot penilaian yaitu gagasan (10 persen), pesan (10 persen), tema (20 persen), sinematografi (30 persen), dan like terbanyak di instagram (20 persen).

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, kemudian ditetapkan tiga orang pemenang dalam “Cinematic Video Competition 2020” yaitu Guntur Prayoga (Juara 1), M. Ramadhani (Juara 2), dan Mahridho (Juara 3). Para pemenang berhak mendapatkan hadiah yang disiapkan berupa uang tunai, suvenir, dan juga voucher pulsa.

Editor : Vien Dimyati

Artikel Asli: https://www.inews.id/travel/destinasi/keunikan-promosi-wisata-tanah-laut-lewat-cinematic-video-competition/all

logo